Berita Mitra

Jadwal Pilkades Diundur, Berikut Alasannya!

Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Boyke Akay mengatakan, pemilihan kepala desa (Pilkades) diundur.

Jadwal Pilkades Diundur, Berikut Alasannya!
TRIBUN MANADO/GIOLANO SETIAY
Boyke Akay 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Boyke Akay mengatakan, pemilihan kepala desa (Pilkades) diundur.

Hal tersebut diungkapkannya ketika ditemui tribunmanado.co.id di ruang kerjanya, Mitra, Sulawesi Utara, Selasa (03/09/2019).

Sesuai dengan arahan Bupati Mitra James Sumendap SH, Pilkades diundur hingga 23 September 2019 mendatang, yang sebelumnya diinformasikan berlangsung pada 20 September 2019.

"Memang untuk jadwal pemilihan Pilkades diundur menjadi 23 September. Bukan tanpa sebab adanya pengunduran waktu pemilihan, namun dari pihak pemerintah yakni Bupati sangat mentolelir karena bertepatan tanggal 20 September itu hari Jumat, merupakan hari beribadah sebagian agama," ujar Boyke Akay.

Silaturahmi antaragama tak lupa diperhatikan pemerintah meski dalam kesibukan mempersiapkan segala tahapan dalam Pilkades.

Hingga saat ini proses tahapan Pilkades sudah dalam tahap pemasukan dan kelengkapan administrasi.

"Untuk batasan waktu kelengkapan administrasi, nanti tanggal 4 September dan dilanjutkan dengan verifikasi oleh panitia verifikasi Pilkades," tuturnya.

Seperti yang sudah diketahui dalam peraturan PILKADA ini, batasan calon Kuntua tak bole kurang dari 2 dan lebih dari 5.

"Untuk itu bila nanti didapati adanya calon tunggal, Desa tersebut akan diberi perpanjangan waktu pendaftaran. Bila tak ada perubahan akan ada penunjukan langsung dari pemerintah," tukas Akay.

Dari 135 Desa yang ada di Kabupaten Mitra 100 Desa yang ikut dalam Pilhut tahun ini.

Halaman
12
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved