News

Cuaca Buruk 143 Truk Tertahan di Parkiran Pelabuhan Ferry

Tinggi gelombang 1,25 - 2,5 moderate terjadi di perairan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud d, Perairan Timur Laut Bitung dan Laut Maluku.

Cuaca Buruk 143 Truk Tertahan di Parkiran Pelabuhan Ferry
christian wayongkere/tribun manado
Suasana pelabuhan penyeberangan Ferry dienuhi mobil truk yang tak berangkat karena cuaca buruk 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Peringatan Dini Gelombang Tinggi yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas II Martim Bitung, Selasa (3/8/2019) hingga beberapa hari kedepan.

Surat peringatan dini nomor ME.01.01/061/KBTG/IX/2019, berlaku tanggal 3 September 2019 Jam 08.00 wita sampai 4 September 2019 jam 08.00 wita.

Tinggi gelombang 1,25 - 2,5 moderate terjadi di perairan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud d, Perairan Timur Laut Bitung dan Laut Maluku.

Dalam surat peringatan dini BMKG menyampaikan hal-hal yang harus diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Pertama, perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang diatas 1.25 meter, kedua kapal Tongkang kecepatan angin lebnih dari 16 knot dan tinggi gelombang diatas 1.5 meter, kapal Ferry kecepatan angin lebih dari lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang diatas 2.5 meter dan kapal ukuran besar seperti kargo dan kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelomnang diatas 4.0 meter.

"Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di Daerag yang tercantum dalam daftar peringatan dini diatas, harap mempertimbangkan kondisi tersebut!" kata Ricky Aror Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi kelas II Maritim Bitung didampingi Devalny Missy Prakirawan, Selasa (3/9/2019).

‎Tommy Kaunang General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bitung, di Kelurahan Pateten langsung menindak lanjuti surat peringatan larangan berangkat yang dikeluarkan BMKG kepada kapal Ferry.

Akibat cuaca buruk ada ratusan mobil truk angkut barang masih tertahan di parkiran, menunggu cuaca bagus untuk berangkat ke sejumlah daerah menggunakan kapal Ferry.

"Yang tertahan tidak berangkat ke ‎Ternate 57 kendaraan, Melongguane 69 kendaraan, Mangaran 12 dan ke ‎ Tobelo 5 kendaraan ‎jumlah 143," jelas Tommy.

Pihaknya meluruskan tanggapan dan tudingan miring bahwa pihaknya sengaja tidak memberangkatkan truk, menurut Tommy ini semua karena ‎regulasi yang tidak beri izin berlayar.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved