Berita Manado

Terkait Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Vicky Lumentut Berharap Tidak Membebani Kabupaten/Kota

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merilis peraturan presiden (perpres) Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan.

Terkait Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Vicky Lumentut Berharap Tidak Membebani Kabupaten/Kota
TRIBUN MANADO/SITI NURJANAH
Vicky Lumentut 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merilis peraturan presiden (perpres) Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan.

Penetapan besaran iuran baru tinggal menunggu penerbitan peraturan presiden (perpres) yang nantinya akan ditandatangani oleh Jokowi.

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut menyambut baik kenaikan dalam artian dengan tidak ada pembebanan ke daerah.

"Nah nanti jika kenaikan itu sudah terjadi dan pembebanan ke daerah, ini akan jadi sebuah persoalan bagi daerah," ujarnya, kepada tribunmanado.co.id, Senin (02/09/2019).

Dirinya selaku Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pemerintah Daerah Indonesia (Apeksi) bersama tim Apeksi melakukan audiensi dengan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dengan pembahasan untuk mempertimbangkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan jika dinaikan, maka agar tidak membebani kabupaten/kota.

"Jadi kami Asosiasi pemerintah daerah Indonesia (Apeksi) beberapa waktu lalu melakukan audiensi dengan pak Wapres Jusuf Kalla dalam salah satu poinnya untuk dipertimbangkan kalau sampai iuran BPJS Kesehatan dinaikkan maka tolonglah untuk tidak membebani kabupaten/kota," ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini tengah menanggung beban untuk memberikan 100 persen jaminan kesehatan.

"Sekarang ini kita ada beban untuk memberikan 100 persen jaminan kesehatan dan untuk Kota Manado sendiri itu ada 110 jiwa yang kita biayai dengan premi Rp 23 ribu, nah kalau itu ditingkatkan kemudian jadi beban kota berarti kita akan kehilangan sumber daya dana untuk membiayai program yang lain," bebernya.

Menurutnya, karena itu asosiasi pemerintah kota menyambut baik untuk kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

"Tentunya mereka dalam hal ini pemerintah pusat mensolusikan kekurangan yang ada saat ini tetapi dengan harapan jangan menjadi beban bagi pemerintah daerah," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved