Berita Minsel

Pemkab Minsel Akan Sesuaikan Perpres Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini berencana untuk menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Pemkab Minsel Akan Sesuaikan Perpres Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
ISTIMEWA
Kadis Kesehatan Minsel Erwin Scouthen bersama Bupati Tetty Paruntu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini berencana untuk menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Iuran BPJS untuk Kelas 1 dari Rp 80 ribu menjadi Rp 160 ribu per bulan, kelas 2 dari Rp 51 ribu menjadi Rp 110 ribu, sedangkan kelas 3 dari 25.500 menjadi Rp 42 ribu.

Khusus di Kabupaten Minahasa Selatan iuran BPJS Kesehatan yang ditanggungkan ke Anggraran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebanyak 84.897 penerima bantuan iuran (PBI) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebanyak 99.549 PBI.

Sedangkan rumah sakit yang menjalin kerja sama yakni Rumah Sakit Umum (RSU) GMIM Kalooran Amurang, RSU Cantia Tompasobaru dan RSU Daerah Teep Amurang.

Bupati Christiany Eugenia Paruntu melalui Kepala Dinas Kesehatan Erwin Schouten, Senin (02/09/2019) mengatakan kenaikan iuran BPJS Kesehatan masih wacana lantaran Presiden Joko Widodo belum menandatangai perpresnya.

Tapi jika perpres kenaikan iuran sudah ditandatangani, Pemkab Minsel akan menyesuaikan dengan tarif baru.

Apalagi tahun depan, pemerintah daerah yang akan menanggulangi secara penuh iuran tersebut.

"Kalau untuk pembenahan fasilitas kesehatan di rumah sakit daerah tentunya akan dilakukan. Puskesmas juga sudah mulai dibenahi pelayanan dan fasilitasnya agar masyarakat terlayani dengan baik," ujar Schouten.

Namun saat ditanya berapa anggaran yang akan dipolot bagi PBI BPJS Kesehatan di tahun 2020, dia belum menjawabya.

Schouten beralasan bahwa APBD 2020 belum dibahas.

Halaman
12
Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved