News

IKN Berpindah ke Kaltim, Tuela : Kabupaten Minsel Harus Tangkap Peluangnya

encana kepindahan ibu kota negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) disambut pro-kontra oleh masyarakat Indonesia.

IKN Berpindah ke Kaltim, Tuela : Kabupaten Minsel Harus Tangkap Peluangnya
Istimewa
IKN Berpindah ke Kaltim, Tuela : Kabupaten Minsel Harus Tangkap Peluangnya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rencana kepindahan ibu kota negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) disambut pro-kontra oleh masyarakat Indonesia.

Ada yang menilai bahwa pemindahan IKN masih terburu-buru dan perlu dievaluasi. Ada juga pihak yang menilai IKN di Katim bertujuan untuk pemerataan ekonomi dan pembangunan di kawasan timur Indonesia.

Secara geografis, Kaltim sangat dekat dengan Pulau Sulawesi khususnya Provinsi Sulawesi Barat. Kedekatan ini akan memberikan multiefek bagi Sulawesi Barat.

Tapi itu bukan berati daerah sekitarnya tak akan terkena imbas IKN yang baru.

Henli Barten Tuela tokoh pemuda Minahasa Selatan (Minsel) mengatakan Sulawesi Utara (Sulut) juga bisa mendapat efek positif dengan keberadaan IKN.

"Misalnya Minsel yang terkenal dengan hasil sayur-mayurnya dari Kecamatan Modoinding," kata dia, Sabtu (31/8/2019).

Menurutnya selama ini menurutnya berbagai macam produk seperti Batang Bawang, Kentang, Wortel, Kol dan lain-lain sudah banyak dijual oleh pemasok untuk tujuan Sulteng dan Kalimantan tapi serapannya masih sedikit.

Jika sudah ada Ibukota baru, maka permintaan akan lebih banyak lagi dan tentu saja dibutuhkan produksi yang tinggi.

"Tapi perlu diingat bahwa kompetitor dari daerah lain juga pasti mulai ancang - ancang seperti dari Sulsel dan daerah Jatim," kata pendiri Minsel Millenial Movement (3M).

Selain produk hortikultura ada juga Kelapa dan turunannya. banyak hal yg bisa dibuat untuk Kelapa dan turunannya ini karena bisa saja selain Kopra kita menjadikan Minyak Kelapa murni sebagai andalan.

Halaman
12
Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved