Inovasi BPJS Kesehatan, Mudahkan Peserta

Dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satu inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan kepada masyarakat adalah Mobile Customer

Inovasi BPJS Kesehatan, Mudahkan Peserta
ISTIMEWA
Bpjs Kesehatan Menciptakan Mobile Customer Service (Mcs) 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Tondano,Sebagai badan hukum publik yang diberi amanat menjalankan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan senantiasa melakukan inovasi demi memudahkan pesertanya.

Dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satu inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan kepada masyarakat adalah Mobile Customer Service (MCS).

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengendalian mutu pelayanan peserta melalui layanan pemberian informasi dan administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Pada Prinsipnya MCS merupakan titik layanan berupa mobil yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk memberikan layanan dan kemudahan kepada peserta dalam pemberian informasi pelayanan kesehatan, dan perubahan data peserta yang dapat dilakukan tanpa harus pergi ke Kantor BPJS Kesehatan”. Ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tondano Theresia Retno Dewi Rosari.

Mendatangi langsung masyarakat ke tempat mereka, baik itu dari desa ke desa adalah salah satu upaya yang dapat kita lakukan dalam mendukung terwujudnya Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2019.

“Program MCS ini untuk mendekatkan layanan Program JKN - KIS secara langsung ditengah-tengah masyarakat. Sehingga target kita tidak ada lagi masyarakat yang tidak paham tentang Program JKN - KIS. Selain itu kita juga memperkenal Mobile JKN sehingga masyarakat  semakin terlayani dengan baik," Tambah Theresia.

Lebih lanjut Theresia menyampaikan, adanya kegiatan ini diharapakan bisa memberikan dampak positif tentang pandangan dan pengetahuan masyarakat tentang Program JKN – KIS, karena selama ini yang masyarakat dengar kebanyakan informasi masih setengah – setengah didapatkan.

Metode jemput bola akan terus dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan peserta dan juga kolektabilitas iuran.

Seperti halnya pembukaan stand di Event-event lokal maupun nasional ataupun kegiatan sosial lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Nancy Peserta JKN-KIS saat ditemui Tim Jamkesnews menyampaikan akses kemudahan bagi peserta ini benar-benar sangat bermanfaat dan memudahkan.

“Selain adanya Mobil ini, ada juga aplikasi yang dapat diakses melalui HP. Cukup download aplikasi di play store atau app store maka peserta dapat melakukan pendaftaran, update data, dan kartu elektronik berupa KIS Digital. Memudahkan sekali. sangat bermanfaat.” Ujar Nancy.

Selain MCS dan aplikasi Mobile JKN, terdapat beberapa channel pendaftaran yang dapat diakses oleh masyarakat tanpa harus datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan, seperti Care Center 1500 400 dan website BPJS Kesehatan.

Semoga kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk turut serta dalam menyukseskan program JKN – KIS sehingga kesinambungan program ini selalu terjaga.

Editor: Enjelita Sandra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved