Berita Minsel

Pastor Yo Berikan Cita Rasa Kota di Sekolah Desa, Ini yang Dilakukannya!

Sejak diresmikannya Paroki Hati Kudus Yesus Keroit, Minahasa Selatan (Minsel), Desa Keroit (yang bisa dikatakan terpencil) itu sendiri mulai bersolek.

Pastor Yo Berikan Cita Rasa Kota di Sekolah Desa, Ini yang Dilakukannya!
ISTIMEWA
Pastor Yo Berikan Cita Rasa Kota di Sekolah Desa, Ini yang Dilakukannya! 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejak diresmikannya Paroki Hati Kudus Yesus Keroit, Minahasa Selatan (Minsel), Desa Keroit (yang bisa dikatakan terpencil) itu sendiri mulai bersolek.

Pastor Paroki Keroit, Pastor Joseph Ansow berinisiatif untuk mempercantik desa itu.

Usai memperindah halaman gereja Paroki Keroit dengan paving dan taman, paving juga dipasang di halaman sekolah. Paving juga sudah dipasang penuh di SD Katolik Keroit.

"Sekarang sementara di SMP. Siapa tahu ada bantuan lagi," katanya lalu terkekeh, Kamis (29/08/2019).

Pembangunan itu memang diusahakan sendiri oleh Pastor Yo (sapaan akrabnya). Dia punya alasan tersendiri untuk itu.

"Bangunan-bangunan publik di desa seperti sekolah sekolah atau tempat tempat umum atau aula misalnya, perlu ada sentuhan sentuhan teknik bangunan modern, yang lebih modis, lebih menarik sesuai selera anak-anak muda zaman now seperti di perkotaan.

"Pemasangan paving misalnya merupakan salah satu upaya untuk memberi sentuhan cita rasa kota bagi gedung publik seperti sekolah ini," katanya.

Ia mengatakan pemasangan paving juga merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan sosial sekolah yang lebih sehat, lebih nyaman seperti mencegah becek di musim hujan, dan mencegah debu di musim panas. Selain itu, halaman yang dipaving itu bisa menjadi ruangan terbuka yang bisa dipakai selain upacara baris berbaris dan upacara bendera.

"Bisa juga bersifat multifungsi: yakni untuk acara pertemuan, rapat, atau pertunjukan seni budaya. Tinggal memperlengkapinya dengan tenda atau kanopi," katanya.

Ia mengatakan minimal pemasangan paving secara psikologis membuat siswa-siswa yang mengikuti pendidikan di sekolah ini bisa memupuk rasa harga diri dan tidak minder.

Halaman
12
Penulis: David_Manewus
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved