News

Ibukota Pindah ke Kalimantan Timur, Ini Dampaknya Bagi Sulawesi Utara

"Memang letak geografis dari Ibukota baru ini tepat di tengah Indonesia. Dan jarak antara Ibukota baru dan Sulut sangat dekat."

Ibukota Pindah ke Kalimantan Timur, Ini Dampaknya Bagi Sulawesi Utara
TRIBUNMANADO/GIOLANO SETIAY
Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Minahasa Tenggara, Sartje Taogan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Pindahnya Ibu Kota di wilayah Kalimantan, dinilai akan berdampak positif terhadap pemerataan pembangunan. Hal ini diungkap Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Minahasa Tenggara, Sartje Taogan.

"Memang letak geografis dari Ibukota baru ini tepat di tengah Indonesia. Dan jarak antara Ibukota baru dan Sulut sangat dekat. Sehingga Sulut berpotensi menjadi salah satu dari sederet Kota Metropolitan yang ada di Indonesia," tutur Taogan Kepada Tribun Manado, Rabu (28/8/2019).

Selain itu, dampak dari pemindahan Ibukota ini, beberapa penerbangan langsung dari Manado ke negara-negara tetangga terbuka luas.

Setiap daerah di Sulut juga akan berlomba untuk memperlihatkan potensi wisata masing-masing.

"Kalau dari kita, yang akan dipacu tentu sektor wisata yang menjadi daya tarik wisman. Peningkatan terus dilakukan sehingga bila sewaktu-waktu para wisman datang berkunjung seluruh kesiapan sudah bisa diatasi," ujarnya

Itu baru salah satu dampak yang mulai terlihat khusus untuk wilayah Minahasa Tenggara dalam sektor pariwisata. Agenda tour wisman sudah disetujui untuk menjadikan tempat wisata Mitra sebagai salah satu destinasi yang unggul untuk dikunjungi para wisman.

"Ini buktin yata dari dampak yang mulai terasa. Kedepannya akan lebih bertambah lagi kuota wisman yang akan berkunjung di wilayah Mitra dengan potensi wisata yang tak kalah saing dengan wilayah lainnya. Nantinya juga ke depannya akan banyak trobosan baru dengan menggandeng pelaku usaha yang ingin membangun dan mengembangkan ekowisata yang ada di Minahasa Tenggara," tandasnya. (gio)

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved