Ini Waktu Yang Tepat Untuk Menambah Anak

Ketika Si Kecil sudah tak lagi digendong, Moms mungkin berpikir inilah waktunya untuk memberikan adik kepadanya.

Ini Waktu Yang Tepat Untuk Menambah Anak
istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketika Si Kecil sudah tak lagi digendong, Moms mungkin berpikir inilah waktunya untuk memberikan adik kepadanya.

Namun untuk punya anak lagi jangan hanya memikirkan bahwa Si Kecil sudah mulai bisa berjalan dan berbicara.

Hal pertama yang harus jadi pertimbangan utama adalah usia dan riwayat kesehatan Moms, jika mengalami tekanan darah tinggi, kolesterol, bahkan diabetes, tentu lebih berisiko saat hamil.

Riwayat kehamilan pertama dan kesehatan anak pertama juga sangat berpengaruh pada kehamilan berikutnya, serta pastikan si kakak tidak memiliki masalah kesehatan yang berarti.

Selain itu, Moms juga perlu mengecek kesiapan dalam hal melakukan kembali rutinitas memiliki bayi, semisal, terjaga di tengah malam.

Kemudian dari segi finansial juga menuntut perhatian, pastikan Moms dan Dads punya keuangan yang lebih stabil.

Bagaimanapun, memiliki dua anak atau lebih tentu “makan” biaya yang lebih banyak, apalagi si kakak juga akan masuk sekolah.

Waktu yang tepat untuk menambah anak, selain ditentukan oleh rencana dan kondisi orangtua (baik fisik, emosi, maupun finansial), usia anak pertama atau anak sebelumnya juga penting diperhatikan.

Menurut penelitian memulai kehamilan dalam waktu enam bulan setelah kelahiran hidup dikaitkan dengan peningkatan risiko lahir prematur dan abrupsio plasenta (sebagian atau seluruh plasenta mengelupas dari dinding rahim sebelum dilahirkan).

Penelitian juga menunjukkan, kehamilan dalam waktu kurang dari dua tahun lahir, tepatnya kurang dari 12 bulan hidup, ternyata bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko autisme pada anak-anak lahir di usia dini.

Untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan masalah kesehatan lainnya, sesuai dengan hasil penelitian Moms disarankan hamil kembali setelah 18-24 bulan pascamelahirkan.

Akan tetapi, jarak kehamilan tersebut tidak berlaku bagi Moms yang mengalami keguguran.

Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved