Berita Manado

Vicky Lumentut Harap Relokasi Pasar Restorasi Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Relokasi Pasar Bahu ke Pasar Restorasi Kayu Bulan Malalayang, dinilai mampu meningkatkan akses masyarakat terhadap kebutuhan utama mereka.

Vicky Lumentut Harap Relokasi Pasar Restorasi Tingkatkan Ekonomi Rakyat
ISTIMEWA
Vicky Lumentut Harap Relokasi Pasar Restorasi Tingkatkan Ekonomi Rakyat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Relokasi pasar yang diusahakan Pemerintah Kota Manado yang belum lama ini diresmikan pengoperasiannya oleh Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut, merupakan kebutuhan untuk meningkatkan ekonomi rakyat.

Relokasi Pasar Bahu ke Pasar Restorasi Kayu Bulan Malalayang, dinilai mampu meningkatkan akses masyarakat terhadap kebutuhan utama mereka.

Pemindahan ini juga diyakini mampu menarik kembali masyarakat modern yang enggan berbelanja di pasar tradisional karena terkesan kumuh.

Wali Kota Manado, Vicky Lumentut menegaskan, saat ini masyarakat cenderung memilih tempat berbelanja yang nyaman. Karena itulah, Relokasi Pasar Bahu ke Pasar Restorasi Kayu Bulan Malalayang adalah menjawab kebutuhan fasilitas pasar luas, nyaman dan bersih.

"Saat ini lokasi Pasar Bahu sudah sangat sempit dan terbatas, para penjual dalam menjual dagangannya sudah menggunakan trotoar, jalan dan jembatan," ujarnya.

Ia mengatakan, meski demikian hal itu tidak instan namun butuh proses dan sosialisasi.

“Tentunya tidak serta merta, butuh proses dan sosialisasi, namun semua fasilitas pendukung disiapkan, salah satunya lalulintas dengan dibukanya trayek baru, sudah di operasikan pada Senin (19/8), khusus melayani kebutuhan transportasi umum dilokasi Pasar Kayubulan dan sekitarnya, sudah ada 40 armada yang melayani trayek baru dan untuk sementara mereka disubsidi Pemkot Manado sampai keadaan normal dan berjalan dengan baik guna melayani kebutuhan transportasi lokal diwilayah tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pasar Restorasi Kayu Bulan Malalayang akan dilengkapi dengan fasilitas publik lainya, seperti ruang ibadah bagi umat Kristen dan Muslim, Ruang Belajar bagi pendidikan anak pedagang, dan juga klinik kesehatan untuk pedagang dan pembeli, termasuk ada ruang khusus bagi lansia ketika menunggu keluarganya disaat berbelanja.

"Termasuk untuk penjual lama di Pasar Bahu, akan diprioritaskan untuk menempati lokasi pasar, dan bagi pedagang yang baru akan diberikan lahan yang ada di pasar tersebut," ujarnya.

Ia berharap dengan kehadiran Pasar Tradisional Restorasi Kayu Bulan Malalayang, akan menjawab kebutuhan masyarakat untuk tetap menjaga transaksi jual beli.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved