Ini Hal yang Harus Moms Lakukan Jika Si Kecil Terkena Biang Keringat

Jika tampak ruam atau bintil-bintil berwarna merah kemungkinan besar Si Kecil menderita biang keringat.

Ini Hal yang Harus Moms Lakukan Jika Si Kecil Terkena Biang Keringat
Bangka Pos
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jika Si Kecil rewel padahal suhu tubuhnya normal, tidak demam dan tak menunjukkan tanda-tanda pilek, Moms bisa melihat bagian leher, dada, atau bahu Si Kecil.

Jika tampak ruam atau bintil-bintil berwarna merah kemungkinan besar Si Kecil menderita biang keringat.

Meski tampak sepele, biang keringat akan terasa gatal dan perih, itulah yang membuat bayi menjadi rewel.

Biang keringat dapat terjadi karena hal sederhana seperti memakaikan Si Kecil baju tebal pada saat cuaca sedang panas.

Biang keringat juga bisa terjadi karena adanya saluran keringat tersumbat, seperti di daerah leher bayi yang gemuk terdapat banyak lipatan, dan biasanya di area tersebut terjadi gangguan pengeluaran keringat.

Namun secara umum, biang keringat kerap terjadi pada bayi karena kelenjar keringat atau saluran pembuangan keringat pada bayi memang belum terbentuk dengan baik.

Jika bayi terkena biang keringat sebaiknya segera ditangani karena biang keringat dapat menimbulkan gangguan/infeksi karena masuknya bakteri atau jamur ke dalam tubuh.

Untuk pertolongan pertama mengatasi biang keringat adalah dengan cara membuat kulit bayi menjadi sejuk, dingin, serta mencegah agar tidak berkeringat terus.

Moms harus selalu menjaga kebersihan bayi, dengan cara memandikan Si Kecil dengan sabun dan dibilas sampai bersih, supaya tidak terjadi infeksi jamur yang tertinggal di kulit.

Tempatkan bayi di tempat yang sejuk, jika tak ada AC yang terpenting sirkulasi udaranya cukup dan disarankan untuk membuka jendela di siang hari.

Pakaikan juga Si Kecil baju yang tipis dan menyerap keringat, jangan memakaikan Si Kecil baju yang tebal saat cuaca panas.

Selain itu untuk mengatasi biang keringat Moms bisa melakukan pencegahan dengan cara segera menyeka keringat bayi dengan waslap yang telah dibasahi air bersih.

Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved