News

Indeks Kerukunan Umat Beragama di Sulut Peringkat Dua Nasional

Kanwil Kemenag Sulut juga terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan agama dan keagamaan di Sulawesi Utara.

Indeks Kerukunan Umat Beragama di Sulut Peringkat Dua Nasional
ISTIMEWA
Selasa (20/8/2019), telah digelar kegiatan Pembinaan Dosen Pendidikan Agama Katolik Perguruan Tinggi Umum Regio Sulawesi, Papua dan Maluku, bertempat di Sintesa Peninsula Hotel Manado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Selasa (20/8/2019), telah digelar kegiatan Pembinaan Dosen Pendidikan Agama Katolik Perguruan Tinggi Umum Regio Sulawesi, Papua dan Maluku, bertempat di Sintesa Peninsula Hotel Manado.

Dari rilis yang diterima Tribun Manado, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara Dr. H. Abdul Rasyid, M.Ag, didampingi Kasubdit Pendidikan Tinggi Ditjen Bimas Katolik Drs. Yohanes Bosco Otto, M.Pd, dan Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Sulut Dra. Joula P. Makarawung, MM membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Dosen Pendidikan Agama Katolik Perguruan Tinggi Umum Regio Sulawesi, Papua dan Maluku.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Yuvensius Sepur, S.Fils mengungkapkan bahwa tujuan yang mau dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) di Perguruan Tinggi Umum (PTU) dan kompetensi dosen pengampu MK PAK di PTU serta tersosialisasinya bahan ajar PAK PTU yang mengacu pada KKNI-SNPT.

Dalam sambutan dan arahannya, Kakanwil Kemenag Sulut Dr. H. Abdul Rasyid, M.Ag memperkenalkan secara singkat profil Provinsi Sulawesi Utara sebagai daerah yang toleran dengan motto: Torang Samua Basudara, Torang Samua Ciptaan Tuhan, dengan filosofi hidup: Sitou Timou, Tumou Tou. Ia juga memaparkan secara singkat kondisi kerukunan antarumat beragama di Sulawesi Utara.

"Untuk tahun 2018, secara nasional Indeks Kerukunan Antar Umat Beragama di Sulawesi Utara berada di peringkat dua nasional, satu peringkat di bawah NTT, sedangkan untuk indeks kerja sama dan indeks kesetaraan, Sulawesi Utara berada di urutan ketiga. Kami bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus menggalang kerja sama sebagai mitra kerja strategis, terus bersinergi untuk menciptakan Sulawesi Utara sebagai Laboratorium Kerukunan Antarumat Beragama di Indonesia", katanya.

Lanjutnya, Kanwil Kemenag Sulut juga terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan agama dan keagamaan di Sulawesi Utara sesuai dengan visi dan misi serta program kerja Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, 19-22 Agustus 2019 dan dihadiri oleh para Dosen Pendidikan Agama Katolik yang mengajar di Perguruan Tinggi Umum di ketiga regio tersebut. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Pemerintah (Ditjen BImas Katolik) dan Pihak Gereja Katolik dalam hal ini Komisi Kateketik KWI dan Uskup Keuskupan Manado. (dma)

Penulis: David_Manewus
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved