Usai Kerusuhan: Kata Gubernur Papua kepada Jokowi

Aktivitas di Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat masih sepi, Selsa (20/8). Sehari setelah kerusuhan

Usai Kerusuhan: Kata Gubernur Papua kepada Jokowi
antara
Warga menyalakan lilin pada aksi damai di Papua, Senin (19/8/2019) malam. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANOKWARI - Aktivitas di Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat masih sepi, Selsa (20/8). Sehari setelah kerusuhan yang diwarnai perusakan bangunan rumah, kendaraan bermotor dan pembakaran gedung DPRD setempat, pelajar libur, dan toko-toko masih tutup. Secara umum, menurut pemerintah, situasi berangsur-angsur kondusif kembali.

Suasana di Manokwari, tidak terihat lagi ada konsentrasi massa, seperti saat unjuk rasa yang memprotes tindakan serta ungkapan yang dianggap sarkartis serta berbau rasialis sejumlah pihak di Malam dan Surabaya, Jawa Timur kepada mahasiswa asal Papua.

Baca: Birokrat Sulut Kepincut Maju Pilkada, Olly Dondokambey Beri Lampu Hijau

Sementara kantor pemerintahan sudah beraktivitas meski baru sebagian. Personel TNI/Polri dan aparatur pemerintah Provinsi Papua terlihat melakukan pembersihan sisa-sisa puing yang terkena dampak kerusuhan di Jalan Siliwangi Kota Manokwari. Beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sudah buka.

Sementara situasi kondisi Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua, juga kembali normal. Aktivitas sekolah, pertokoan dan perkantoran sudah berjalan normal. Jalan poros utama dari Abepura-Kota Jayapura juga sudah lancar, setelah sempat tertutup beberapa saat ketika pengunjuk rasa menjalankan aksinya, Senin lalu.

Sebagaimana dilaporkan jurnalis KompasTV Budi Setiawan, masyarakat sudah dapat menjalani aktivitas kembali setelah sempat lumpuh akibat demonstrasi pada Senin (19/8).

Sejumlah fasilitas publik dan pertokoan yang sempat tutup dan berhenti beroperasi sudah dikembali. Begitu pula dengan pusat perbelanjaan sudah dibuka dan warga bisa belanja kebutuhannya dengan normal.

Meski begitu, masih ada sebagian toko yang tutup sejak kemarin hingga Selasa pagi.
Kemungkinan, mereka masih trauma dengan kejadian yang cukup menakutkan kemarin. Sementara itu, aktivitas perbankan belum sepenuhnya kembali normal.

Bank sudah bisa melayani masyarakat, namun masih terbatas. Sebab, pagar bank hanya dibuka sebagian. Untuk aksi unjuk rasa, Budi melaporkan tak terlihat ada massa yang berkumpul.

Baca: Kajati Sulut Membuka Tempat Latihan Karate Yang Diberi Nama Dojo Ahdyaksa Sulut

Pemda setempat sudah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aksi anarkistis yang merugikan masyarakat. Meski sudah tak ada aksi unjuk rasa, pengamanan tetap disiagakan. Terutama di kantor pemerintahan Manokwari dan perbankan.

Begitu pula situasi di Jayapura yang sempat terjadi ricuh kemarin. Saat ini, suasananya sudah kembali kondusif. Sejumlah toko, bank, dan hotel yang berada di jalan utama kembali dibuka.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved