Danlantamal VIII Hadiri Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Sario

Upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Mako Lantamal VIII diikuti seluruh Prajurit dan PNS serta Guru dan siswa siswi SMP Hang Tuah Manado.

Danlantamal VIII Hadiri Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Sario
ISTIMEWA
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar., Stud., bersama Ketua Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Eunike Gig Sipasulta menghadiri peringtan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan di Lapangan Koni Sario, Manado, Sabtu (17/8). 

TRIBUBMANADO.CO.ID - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar., Stud., bersama Ketua Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Eunike Gig Sipasulta menghadiri peringtan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan di Lapangan Koni Sario, Manado, Sabtu (17/8).

Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Ibu Kota Provinsi Sulawasi Utara tersebut dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan dihadiri para pejabat Daerah diantaranya Wakil Gubernur, Ketua DPRD Sulut, Kapolda Sulut, Pangdam XIII/Merdeka, Danguskamla Armada II, Kepala Zona Maririm Tengah, Kabinda Sulut, Danrem 131/Santiago, Danlanudsri.

Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi di Manado tersebut diikuti 1 Pleton Gabungan Perwira Pertama dan Perwira Menengah TNI, 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK)Gabungan (TNI AD, TNI AL dan TNI AU), 2 SSK Gabungan Polda Sulut, 2 SSK PNS dan Pelajar, Kelompok Satuan Musik dari Kodam XIII/Merdeka, Lantamal VIII dan Lanudsri dan kelompok paduan suara dari siswa siswi SMA.

Sementara itu Upacara Peringtan HUT Ke-47 RI juga dilaksanakan di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal VIII, Jalan Yos Sudarso Nomor 1 Kairagi Weru, Pall Dua, Manado. Dalam upacara tersebut bertindak sebagai inspektur upacara Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Edi Juardi yang membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E , M.M.

Kasal mengatakan, bahwa selama 74 tahun bangsa Indonesia sudah menunjukan diri sebagai bangsa yang tangguh menghadapi berbagai tantangan, bangsa yang kokoh dalam bingkai persatuan NKRI yang ber Bhinneka Tunggal Ika dan bangsa yang ingin terus maju serta berprestasi menggapai tujuan di tengah perubahan dan persaingan global.

"Dinamika lingkungan strategis global diwarnai kompetisi dan perebutan pengaruh negara-negara besar yang telah menempatkan Indonesia pada pusat kepentingan global, jika tidak siap dan waspada Indonesia dapat saja tergilas dalam kompetisi global yang tidak mengenal waktu dan batas," ujarnya.

Ia menambahkan, berbaurnya ancaman militer dan non militer mendorong terciptanya dilema geopolitik dan geostrategis global yang sulit diprediksi dan diantisipasi.

"Oleh sebab itu TNI Angkatan Laut berani berbenah diri dan berubah menjadi lebih baik menuju Angkatan Laut yang profesional dan modern serta mendukung cita-cita bangsa menjadi kekuatan maritim yang berpengaruh di kawasan," bebernya.

Tahun ini Pemerintah telah menetapkan tema peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI yaitu "SDM Unggul, Indonesia Maju".

"Tema ini menjadi fondasi dasar dan pemacu semangat Indonesia ke depan khususnya bagi kita semua prajurit pejuang matra laut yang adalah komponen utama pertahanan keamanan negara di laut sebagaimana digariskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," ujar Kasal.

Upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Mako Lantamal VIII diikuti seluruh Prajurit dan PNS serta Guru dan siswa siswi SMP Hang Tuah Manado. (ana)

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved