BREAKING NEWS: Wagub Sulut Irup HUT ke-74 RI di Lapas Manado

Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven O. Kandouw menjadi inspektur upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Manado.

BREAKING NEWS: Wagub Sulut Irup HUT ke-74 RI di Lapas Manado
TRIBUNMANADO/FERNANDO LUMOWA
Wagub Sulut Steven Kandouw menyalami warga binaan usai Upacara HUT ke-74 RI di Lapas Kelas IIA Manado, Sabtu (17/08/2019) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven O. Kandouw menjadi inspektur upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Manado, Sabtu (17/08/2019).

Upacara ini diikuti Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut, Efendy Peranginangin; Kalapas Manado, Sulistiyo Wibowo, pejabat utama Kanwil Kemenkumham  Sulut, Lapas Manado dan ratusan warga binaan.

Kandouw yang membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengungkapkan, HUT ke-74 RI menjadi momen bagi warga binaan pemasyarakatan taat dan mematuhi nilai-nilai yang berlaku.

Ia menyebut, kondisi kelebihan kapasitas di rutan maupun lapas masih jadi pergumulan Kemenkumham, khususnya Dirjen Pemasyarakatan.

"Bahkan ada yang sudah lebih dari 100 persen dan ini jadi alasan pembenar bagi tindak penyimpangan. Mari kita ubah dengan bekerja lebih keras," kata Kandouw mengutip Menkumham.

Beberapa penyimpangan yang kerap ditemui misalnya, peredaran narkoba, penggunaan ponsel dan adanya pungutan liar.

"Lapas belum 'move on' karena masih dihajar pemberitaan penyimpangan dan pelanggaran baik oleh petugas maupun warga binaan," katanya.

Sejatinya, sebut Wagub Sulut, warga binaan punya potensi. Misalnya pengembangan kapasitas lewat industri kreatif dan penguasaan berbagai keterampilan.(ndo)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved