News

Tim Gabungan Lakukan Mapping Up, Padamkan Kebakaran di Cagar Alam Tangkoko

"Kebakaran disini masih masuk dalam wilayah Cagar Alam (CA) Tangkoko. Kami dan para relawan melakukan pemadaman dengan cara mapping up."

Tim Gabungan Lakukan Mapping Up, Padamkan Kebakaran di Cagar Alam Tangkoko
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Tim gabungan berupaya melakukan mapping up untuk padamkan kebakaran di kawasan Cagar Alam Tangkoko Batu Putih, Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Secara berturut-turut peristiwa kebakaran lahan perkebunan di tengah hutan terjadi di wilayah Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (15/8/2019).

Lahan yang terbakar seluas setengah hekter dengan isi 50 meter berada di tengah hutan persimpangan ke Kelurahan Pinasungkulan dan Batuputih Bawah.

Dari pantauan Tribunmanado.co.id di lokasi kebakaran, tim gabungan yang melakukan pemadaman harus masuk dari tepi jalan persimpangan Kelurahan Batuputih Bawah dan Pinasungkulan.

Sekitar 500 meter melalui jalan menurun dan berbukit sebelum tiba di titik api, api menghanguskan sejumlah ilalang, dahan pohon dan batang pohon kering diatas tanah.

"Kebakaran disini masih masuk dalam wilayah Cagar Alam (CA) Tangkoko. Kami dan para relawan melakukan pemadaman dengan cara mapping up," kata Ronald Sumilat Ketua regu 1 Manggala Agni kepada Tribunmanado.co.id disela pemadaman, Kamis (15/8/2019).

Kebakaran di titik ini bermula ketika tim gabungan yang tengah melakukan pemadaman di titik perkebunan Serawet (rumah jangkar) di Kelurahan Batuputih Bawah Rabu malam kemarin, mendapati kemunculan asap pukul 11.00 wita hari Kamis (15/8/2019).

Untuk luasan yang sudah terbakar di dua titik pihaknya belum bisa memperkirakan, karena ada tim khusus Manggalam Agni yang akan melakukan pengukuran, pihaknya hanya bertugas untuk pemadaman.‎

"Untuk mengantisipasi dan mencegah kembali terjadinya kebakaran pihaknya akan terus melakukan komunikasi dengan pihak terkait, patroli, pemantauan wilayah dan cuaca," tandasnya.‎

Personil dari Manggala Agni melakukan hal yang sama mapping up dan menyiram dengan Jetshooter, bersama TNI, Polri, Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Bitung serta masyarakat Kelurahan Pinasungkulan dan Batuputih Bawah.

Peristiwa kebakaran lahan perkebunan di tengah hutan di Kota Bitung terjadi di wilayah Kecamatan Ranowulu, tepatnya di Kelurahan Batuputih Bawah terjadi di lahan perkebunan Serawet (rumah jangkar) pada Rabu (14/8/2019) dan kedua di persimpangan menuju kelurahan Pinasungkulan dan Batuputih Bawah.‎

Menurut Kepala Kecamatan Ranowulu Diana Sambiran sejauh ini peristiwa kebakaran lahan di tengah hutan, sudah teratasi dengan baik.

Sejauh ini baru dua titik itu yang terinformasi terjadi peristiwa kebakaran lahan hutan, di Kecamatan Ranowulu. "Mudah-mudahan hanya sampai di dua titik ini," harap Camat.‎

Halaman
123
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved