Tahukah Moms, Konsumsi Suplemen Vitamin D Saat Hamil Bisa Cegah Bayi Lahir Prematur

Selain asam folat dan nutrisi lainnya, vitamin D juga sangat diperlukan Moms selama masa kehamilan.

Tahukah Moms, Konsumsi Suplemen Vitamin D Saat Hamil Bisa Cegah Bayi Lahir Prematur
Thinkstock
Ilustrasi hamil. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Selain asam folat dan nutrisi lainnya, vitamin D juga sangat diperlukan Moms selama masa kehamilan.

Dalam aktivitas sehari-hari Moms yang padat, tentu saja Moms tidak mau hal tersebut memengaruhi jumlah asupan vitamin D saat hamil bukan?

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D selama masa kehamilan, memberikan manfaat untuk Moms dan janin dalam kandungan seperti mencegah komplikasi dan terhindar dari gestational diabetes.

Tak hanya itu, vitamin D juga berperan untuk pertumbuhan gigi, tulang, serta kesehatan otot janin.

Saking pentingnya, tak jarang beberapa ibu hamil bahkan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D agar kebutuhan mereka selalu terpenuhi.

Penelitian menyatakan, peran vitamin D sangat penting karena efektif mencegah penyakit jantung, infeksi pernapasan, dan asma.

Sementara penelitian lain yang pernah dipublikasikan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health menemukan, vitamin D dapat mencegah bayi terlahir di bawah bobot normal, pre-eklamsia, serta bayi terlahir prematur.

Sebagian besar bayi yang terlahir prematur terjadi karena infeksi yang menyerang uterus dan masuk ke plasenta.

Kadang, anak yang terlahir secara prematur tidak memberikan tanda-tanda apapun saat masa kehamilan, sehingga sulit untuk melakukan diagnosa terhadap hal ini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of California mengatakan, vitamin D yang dikonsumsi selama masa kehamilan mampu menstimulasi kekebalan tubuh janin.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved