Editorial

ASN Kerja dari Rumah

Fleksibilitas kerja dinilai menjadi hal penting menyusul akan terjadinya perubahan besar profil PNS pada 2024 mendatang.

ASN Kerja dari Rumah
Internet
Ilustrasi ASN 

PEGAWAI negeri sipil atau aparatur sipil negara (ASN) bisa bekerja di rumah dan sebaliknya tidak harus ke kantor setiap hari? Wacana inilah yang dilempar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Kementerian membayangkan sistem kerja ASN nanti seperti halnya perusahaan rintisan atau startup.

Fleksibilitas kerja dinilai menjadi hal penting menyusul akan terjadinya perubahan besar profil PNS pada 2024 mendatang.

Saat itu, diperkirakan separuh PNS di Indonesia merupakan generasi yang sangat melek teknologi. Layanan masyarakat pun nantinya bisa terbantu dengan kehadiran teknologi.

Misalnya, tanda tangan dokumen untuk keperluan birokrasi tidak perlu seorang pejabat menandatangai satu per satu dokumen, namun bisa dilakukan dengan tanda tangan digital sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

Untuk menyambut PNS 4.0 itu, pemerintah sudah memulainya dengan proses rekrutmen PNS yang menggunakan sistem komputer atau internet.

Wacana yang dilempar Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan-RB Setiawan Wangsaatmaja dalam acara Forum Merdeka Barat di Kantor Kemenpan-RB, tersebut tentu memicu kontroversi.

Di Sulawesi Utara pun terdapat beragam tanggapan. ASN bagian keuangan provinsi Jeremias Polii mengatakan, warga Manado menilai program itu bisa saja diberlakukan asalkan telah ada sistem yang paripurna.

Misalnya dukungan IT, sistem online dan bisa menjalin layanan terpadu dan tak semua bisa diterapkan merata di luar kantor.

Banyak ASN yang tidak paham dalam melakukan tugas lewat teknologi bila berada di rumah.

Sedangkan dalam menjalankan program ASN bekerja dari rumah, para ASN dituntut untuk paham tentang berbagai teknologi pendukung sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved