Torang Kanal

Tina Kusumaningrum Tekankan Waspadai Penularan Zoonosis

Tina Kusumaningrum, salah satu anggota tim survei dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) memperingatkan warga Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara

Tina Kusumaningrum Tekankan Waspadai Penularan Zoonosis
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Tina Kusumaningrum Tekankan Waspadai Penularan Zoonosis 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Tina Kusumaningrum, salah satu anggota tim survei dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) memperingatkan warga Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.

Khususnya yang suka mengonsumsi makanan ekstrim untuk lebih berhati-hati.

Ia mengatakan penyebaran penyakit zoonosis atau penyakit menular lewat hewan sangat tinggi terhadap hewan liar dibandingkan hewan ternak.

"Hewan liar itu kan tidak mendapat vaksin yang membunuh virus, bisa saja virus yang ada pada hewan dapat tertular kepada manusia melalui konsumsi makanan," katanya.

Tina juga mengungkapkan bahwa bukan hanya orang yang memakan hewan liar bisa tertular penyakit, orang yang menangkap atau pun mengolah hewan itu juga berpotensi terkena zoonosis.

"Misalnya jika seorang yang menyembelih anjing atau kelelawar bisa berisiko terkena penyakit lewat sentuhan dengan organ yang ada di tubuh hewan liar itu," tandasnya.

Untuk itu Tina mengimbau agar para pedagang daging ekstrim lebih mengutamakan keselamatan dengan mencegah masuknya penyakit zoonosis.

"Kepada orang-orang yang melakukan kontak dengan hewan liar harus melakukan perlindungan seperti menggunakan pelindung seperti sarung tangan, dan mencuci tangan setelah bersentuhan dengan hewan," ungkapnya.

(Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw)

BERITA TERPOPULER :

Baca: Mahfud MD Duga Enzo Sejak Awal tak Memenuhi Prasyarat Jadi Bagian dari TNI: Sebaiknya Diberhentikan

Baca: Lama Tak Muncul di Layar Kaca, Hilda Vitria Mendadak Tampil Menggunakan Hijab, Intip Penampilannya

Baca: Sisa Peristiwa Longsor di Manado, Keluarga Almarhum Sir Jon Pindah ke Kamangta

TONTON JUGA :

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved