News

Perangkat Desa dan Kelurahan Ujung Tombak Cegah Masuknya Radikalisme dan Terorisme

Kegiatan ini mengenai, Rembuk Aparatur Kelurahan Dan Desa Tentang Literasi Informasi Melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT).

Perangkat Desa dan Kelurahan Ujung Tombak Cegah Masuknya Radikalisme dan Terorisme
TRIBUNMANADO/RIAN SEKEON
Puluhan peserta mengikuti program kegiatan FKPT tentang pencegahan dampak radikal terorisme di Kabupaten Minahasa, Kamis (8/8/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Puluhan peserta mengikuti program kegiatan FKPT tentang pencegahan dampak radikal terorisme di Kabupaten Minahasa ,Kamis (8/8/2019).

Kegiatan ini mengenai, Rembuk Aparatur Kelurahan Dan Desa Tentang Literasi Informasi Melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT).

Pantauan Tribun, setiap peserta ini berasal dari Babinsa TNI dan Babinkamtibmas Polri dan Aparat Desa yang ada Kabupaten Minahasa lokasi kegiatan di Hotel Tasik Ria Resort. Jln Trans Tanawangko Kab Minahasa.

Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) memiliki tugas pokok untuk merumuskan, mengoordinasikan, dan melaksanakan kebijakan, strategi, dan program nasional penanggulangan terorisme di bidang kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisasi, dan deradikalisasi.

Selain itu, BNPT menjadi pusat analisis dan pengendalian krisis yang berfungsi sebagai fasilitas bagi Presiden untuk menetapkan kebijakan dan langkah penanganan krisis, termasuk pengerahan

Turut hadir sebagai narasumber adalah Roedy Widodo (Kasubdit Pemulihan Korban BNPT), James Tulangao (Ketua FKPT Sulawesi Utara), Yosep Adi Prasetyo (Mantan Ketua Dewan Pers) dan Foke Lontaan (Kapala Bidang Media Massa & Humas FKPT Sulawesi Utara.

Acara ini merupakan pembinaan dalam pencegahan dampak radikal terorisme.

Dengan Narasumber diantaranya, Kol Roedy Widodo( Kasubdit Pemulihan Korban Aksi Terorism, Lic.Mus (Musica Sacra) yang akan membawa Dialog Perkembangan Terorisme Dan Strategi Nasional Pencegahannya.

Kedua oleh Merson Simbolon (Ketua Serikat Media Siber Indonesia Sulut) yang akan membawa dialog Bedah Kasus Penyebar Berita Bohong, Ujaran Kebencian, Dan Informasi Negatif di Daerah.

Ketiga, Joseph Adi Prasetyo ( Pimpinan Dewan Pers Nasional) yang akan membawa dialog Mencegah Penyebar Luasan Berita Bohong Dan Informasi Negatif sebagai Cikal Bakal Paham Radikal Terorisme Dan Praktik Komunikasi Pencegahan Terorisme.

Ketua BNPT Sulut James Tulangow, menambakan, Terdaftar sudah 50 peserta dari 97 undangan yang dibagikan.

Dengan kegiatan sosialisasi agar para perangkat desa sebagai ujung tombak dapat memahami dan peka atas gerakan radikal terorisme yang terjadi di sekitar lingkungannya.

"Lebih baik mencegah dari pada mengobati" ungkapnya. (ian)

Penulis: Rian Sekeon
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved