Wacana PNS Kerja dari Rumah Bisa Terealisasi?

Jumlah PNS dari kalangan milenial di tahun 2024 akan mendominasi seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah.

Wacana PNS Kerja dari Rumah Bisa Terealisasi?
Istimewa
ilusttrasi: PNS Pemkot Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ke depan PNS bekerja tak harus di kantor, PNS bisa bekerja dari rumah.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PAN-EB) Setiawan Wangsaatmaja mewacanakan

"Nanti ada fleksibilitas dalam kerja. Kita sedang merencanakan itu. Kerja dari rumah bisa. Kerja dari ujung sana juga bisa. Tinggal ngatur semuanya bagaimana aturannya," ujar pria yang akrab dipanggil Iwan, dalam sebuah diskusi di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Ia menilai hal itu realistis dilakukan lantaran semakin banyak formasi PNS yang diisi oleh generasi milenial yang melek teknologi informasi. Mereka, PNS dari kalangan milenial, mengikuti proses pendaftaran hingga seleksi secara online.

Kini, jumlah PNS dari generasi milenial mencapai 572.000 orang. Jumlah itu akan bertambah tiap tahunnya. Sebab, dalam setiap rekrutmen, setidaknya diterima 200.000 PNS dari kalangan milenial.

Karena itu, Iwan memprediksi jumlah PNS dari kalangan milenial di tahun 2024 akan mendominasi seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah.

"Karena sejak pendaftaran sampai dengan seleksi sampai akhir, mereka harus menggunakan sistem computerize semuanya. Setidaknya melek lah. Kurang lebih seperti itu," papar Iwan.

"Sekarang kita sudah mempunyai 572.000. Katakanlah setiap tahun nanti 200.000 formasi, 2024 kita sudah mulai seimbang. Dan kami yakin itulah yang menjadi tulang punggung kita," lanjut dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Wacanakan PNS Bisa Kerja dari Rumah", https://nasional.kompas.com/read/2019/08/08/16094701/pemerintah-wacanakan-pns-bisa-kerja-dari-rumah

Editor: Charles_Komaling
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved