Berita di Minsel

Pemkab dan DPRD Minsel Bahas KUA PPAS 2020

DPRD Minahasa Selatan (Minsel) mulai membahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran (PPAS)

Pemkab dan DPRD Minsel Bahas KUA PPAS 2020
Facebook
Rapat paripurna pembahasan KUA PPAS dipimpin oleh Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan dan dihadiri unsur forum pimpinan daerah (Forkompinda) yakni Bupati Christiany Eugenia Paruntu, Kapolres Minsel yang diwakili Wakapolres Kompol Prevly Tampangunan. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Andrew Alexander Pattymahu

TRIBUNMANADO.CO.ID - DPRD Minahasa Selatan (Minsel) mulai membahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran (PPAS) tahun 2020 bersama pemerintah kabupaten.

Rapat paripurna pembahasan KUA PPAS dipimpin oleh Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan dan dihadiri unsur forum pimpinan daerah (Forkompinda) yakni Bupati Christiany Eugenia Paruntu, Kapolres Minsel yang diwakili Wakapolres Kompol Prevly Tampangunan.

Kepala Kejaksaan Negeri Amurang I Wayan Mirtha Eka, Kepala Pengadilan Negeri dan Kodim Minahasa yang diwakili Kepala Penghubung Minsel.

Bupati dalam paripurna tersebut membedah rancangan APBD Kabupaten Minsel Tahun Anggaran 2020 memuat ringkasan antara lain gambaran kondisi ekonomi makro daerah, asumsi yang digunakan dalam penyusunan APBD.

Kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja daerah, kebijakan pembiayaan daerah strategi pencapaian asumsi dan kebijakan yang akan diambil.

Penetapan skala prioritas pembangunan daerah. prioritas program dan kegiatan masing-masing urusan pemerintahan daerah. Capaian Kinerja, sasaran dan plafon anggaran sementara untuk masing- masing program dan kegiatan.

Adapun garis besar Nota Kesepakatan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Minsel tahun anggaran 2020 adalah program dan kegiatan perangkat daerah yang terangkum dalam dokumen PPAS dilaksanakan dengan mengedepankan target kinerja serta memperhatikan kemampuan fiskal daerah.

“Program dan kegiatan yang akan dilaksanakan merupakan hasil sinergi dan sinkronisasi antara hasil Musrenbang RKPD tahun 2019 untuk perencanaan RKPD tahun 2020, arah kebijakan Bupati pokok-pokok pikiran DPRD serta prioritas pembangunan Pemerintah Pusat dan Provinsi dengan merujuk pada perkembangan perekonomian nasional, regional dan lokal dengan tetap memperhatikan kemampuan keuangan daerah,” kata Bupati Minsel, Rabu (7/8/2019) malam.

Dia pun menegaskan rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 disusun dengan pendekatan kinerja serta mengikuti Paradigma Money Follow Program yang berpedoman pada prinsip efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan azas keadilan.

Kepatutan dan manfaat untuk masyarakat dengan berpedoman pada Permendagri Nomor 33 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020.

Selanjutnya, Bupati juga berharap hal ini dapat menjadi catatan bagi kita semua dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan keikhlasan demi tertibnya proses perencanaan dan penganggaran di kabupaten yang kita cintai ini.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Ketua, Wakil-Wakil Ketua dan Anggota DPRD yang telah mengagendakan rapat paripurna ini," ujar Bupati Paruntu.

Baca: Imam yang Suruh Oknum TNI Bakar Jasad Kasir Indomaret Ditemukan Tewas Tenggelam, Makamnya Dibongkar

Baca: Jokowi Ancam Copot Pangdam dan Kapolda, Jeirry Sumampow: Presiden Tegas dan Profesional

Baca: Syahrini & Luna Maya Masuk Nominasi Wanita Tercantik Indonesia, Foto Luna Sudah 11 Ribu Dikomentari

Baca: 10 Manfaat Puasa Sunah di Bulan Dzulhijjah dan Tanggal Diharamkannya Puasa

Baca: Enzo Terancam Dipecat dari Taruna Akmil: Begini Kata Panglima TNI

Baca: Nikita Mirzani Beberkan Fairuz Rafiq Biayai Hidup Galih Ginanjar, : Fairuz Kaya Punya Rumah Sakit

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Aldi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved