Moms Sulit Tidur Pasca Melahirkan?

Postpartum depression (PPD) atau depresi pasca persalinan adalah gangguan mood yang mempengaruhi beberapa wanita setelah melahirkan.

Moms Sulit Tidur Pasca Melahirkan?
Thelegraf
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Postpartum depression (PPD) atau depresi pasca persalinan adalah gangguan mood yang mempengaruhi beberapa wanita setelah melahirkan.

Seorang ibu yang baru melahirkan bisa saja merasakan sedih, cemas, dan lelah berlebihan setelah melahirkan.

Depresi pascapersalinan lebih dari sekedar baby blues, kondisi ini melibatkan kesehatan mental yang memerlukan perawatan yang tepat.

Ada beberapa gejalapostpartum depressionyang umum dialami, diantaranya yaitu depresi yang berlangsung lebih dari beberapa minggu.

Depresi dan kesedihan setelah melahirkan adalah normal, tetapi jika berlangsung lebih dari beberapa minggu kemungkinan besar Moms menderita postpartum depression.

Masalah tidur juga menjadi penanda postpartum depression, baik itu sulit tidur, kurang tidur, maupun terlalu banyak tidur.

Padahal penting juga bagi Moms untuk tidur di siang hari ketika Si Kecil tidur.

Gejala lain postpartum depression yaitu depresi dan masalah makan.

Depresi dapat menyababkan terlalu banyak makan atau tak makan sama sekali.

Gejala paling umum yang biasa terjadi yaitu mood swings, misalnya Moms dapat menangis tiba-tiba padahal satu menit sebelumnya tertawa bahagia.

Gejala postpartum depression dan baby blues memang tak bisa dibedakan secara langsung, namun jika gejala diatas bertahan selama berminggu-minggu dan semakin memburuk dari waktu ke waktu, kemungkinan besar Moms menderita postpartum depression.

Jika gejala memburuk sehingga menyebabkan Moms kesulitan merawat bayi dan diri sendiri, saatnya Moms segera mencari pengobatan.

Biasanya dokter akan meresepkan antidepresan yang disesuaikan dengan kondisi Moms pasca melahirkan.

Namun, cara paling mudah yang bisa Moms terapkan untuk menghilangkan depresi pasca melahirkan yaitu dengan menyusui Si Kecil dan berolahraga secara teratur.

Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved