NEWS

Kinerja Guru Akan Dimonitori Lewat Aplikasi, Ini Keuntungan dan Cara Pengoperasiannya

kinerja guru dan kepala sekolah juga dapat dimonitor dan diawasi melalui layanan berbasis aplikasi yang dengan transparan

Kinerja Guru Akan Dimonitori Lewat Aplikasi, Ini Keuntungan dan Cara Pengoperasiannya
net
ilustrasi guru 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Seiring kemajuan teknologi informasi berbasis digital para tenaga pendidik dituntut untuk semakin cepat dan akurat melakukan input data kegiatan disekolah dan dilaporkan ke Dinas Pendidikan. 

Selain itu kinerja guru dan kepala sekolah juga dapat dimonitor dan diawasi melalui layanan berbasis aplikasi yang dengan transparan, efisien dalam melaksanakan tanggungjawab dimasing-masing sekolah.

"Perangkat teknologi akan membantu proses monitoring dan evaluasi sekolah dari kantor dinas," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Riviva Maringka di Tondano, Kamis (08/08/2019).

Selain itu, lanjut dia, layanan berbasis online ini juga memudahan akses pelayanan administrasi yang ada pada Dinas Pendidikan secara cepat.

"Sebetulnya untuk menjemput data ke sekolah bisa turun langsung tetapi dengan aplikasi ini maka pelayanan administrasi pendidik dan tenaga kependidikan lebih cepat, tepat dan mudah serta tidak memperlambat kebutuhan" jelasnya.

Baca: Demi Foto Selfie, Seorang Remaja Panjat Tiang Listrik Setinggi 30 Meter, Akhirnya Memilukan

Baca: Pohon Sengon Dituding Jadi Biang Pemadaman Listrik di Jawa, Apa Kata Ahli?

Baca: KPU Bolsel Gelar Evaluasi Fasilitas Kampanye Pemilu 2019

BERITA POPULER:

Baca: Imam yang Suruh Oknum TNI Bakar Jasad Kasir Indomaret Ditemukan Tewas Tenggelam, Makamnya Dibongkar

Baca: Intip Gaya Fashion Ayu Ting Ting dan Nagita Saat Dipanggung, Outfit yang Dikenakan Jadi Sorotan

Baca: Ada Sosok Wanita Pakai Tutup Kepala Warna Putih di Sidang Kasus Oknum TNI Mutilasi Kasir Indomaret

Ditambahkan Maringka, dengan jumlah guru dan kepala sekolah ditingkat SD/SMP yang cukup banyak dengan aplikasi online dapat meminimalisir potensi permasalahan pelayanan administrasi.

"Aplikasi inputnya sederhana saja bisa melalui WhattsApp atau aplikasi yang sementara diterapkan. Nanti semua akan disatukan di komputer kantor, contohnya ada guru atau kepsek yang datang mengurus aplikasi dapat mendaftar online terlebih dahulu agar tidak bolak balik ketika yang ingin ditemui tidak ada," bebernya.

ilustrasi guru
ilustrasi guru ()

Meski begitu menurut Maringka aplikasi berbasis online ini masih dilakukan secara bertahap dengan proses penyesuaian dari sekolah yang mempunyai server terpisah.

Selain itu, Kepala SMPN 2 Langowan Diane Kembuan menyambut dan merespon baik program Dinas Pendidikan ini.

Menurutnya ini menimbulkan dampak positif bagi kinerja baik guru pengawas maupun kepala sekolah.

"Ketika ada permintaan dari dinas atas laporan kinerja di sekolah kami langsung memberikan data kegiatan di sekolah, mulai dari apel pagi hingga keluar sekolah," pungkas Kembuan.

Tonton:

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved