Moms, Hati-hati Masalah Kesehatan Gigi Ini Mengintai Si Kecil

Meskipun gigi susu pada akhirnya akan berganti dengan gigi permanen, namun kesehatan gigi susu ini juga harus diperhatikan.

Moms, Hati-hati Masalah Kesehatan Gigi Ini Mengintai Si Kecil
THINKSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada sejumlah masalah yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut anak-anak.

Meskipun gigi susu pada akhirnya akan berganti dengan gigi permanen, namun kesehatan gigi susu ini juga harus diperhatikan.

Berikut beberapa masalah kesehatan gigi yang biasanya dialami anak-anak, diantaranya yaitu baby bottle tooth decay atau pembusukan gigi.

Baby bottle tooh decay disebabkan oleh pemberian minuman atau cairan yang mengandung unsur glukosa berlebih.

Cairan ini akan terurai di mulut dan akan menjadi gula juga, sehingga jika tak dirawat akan menyebabkan gigi busuk dan menghitam. 

Masalah lain yang biasanya dialami anak-anak yaitu letak gigi dan rahang tidak seimbang, biasanya hal ini disebabkan oleh kebiasaan mengisap jempol dan dot.

Ditambah lagi jika frekuensi dan intensitas mengisap jempol dan dot terlalu lama dan dilakukan hingga usia Si Kecil lebih dari 5 tahun. 

Gigi bisa maju serta rahang bawah dan rahang atas pun menjadi tak sejajar sehingga menyebabkan kesulitan pengucapan kata-kata.

Selanjutnya masalah yang bisa terjadi pada gigi anak yaitu gigi susunya tanggal atau lepas sebelum waktunya.

Anak yang kehilangan gigi susu terlalu cepat biasanya disebabkan oleh kerusakan gigi, cedera, dan kurangnya ruang rahang.

Jika gigi susu lepas sebelum waktunya, pertumbuhan gigi permanen dapat bergeser ke area yang kosong tersebut sehingga akan muncul gigi yang bengkok atau tidak selaras.

Untuk memelihara kesehatan gigi Si Kecil Moms sudah bisa berkonsultasi dengan dokter gigi sejak dini, bahkan saat gigi Si Kecil mulai tumbuh.

Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved