News

Angin Kencang Ganggu Distribusi Listrik, Ini Pernyataan PLN Suluttenggo

Terkait itu, adanya listrik padam di beberapa wilayah di Manado pada Minggu (4/8) disebabkan adanya gangguan pada jaringan distribusi listrik.

Angin Kencang Ganggu Distribusi Listrik, Ini Pernyataan PLN Suluttenggo
(KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah S)
Ilustrasi Pembangkit Listrik 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PLN Unit Induk Wilayah Sulut Sulteng dan Gorontalo (Suluttenggo) memastikan saat ini kondisi kelistrikan sistem Sulut-Gorontalo baik-baik saja.

GM PLN UIW Suluttenggo Christyono melalui Manajer Komunikasi Marthen Salmon mengatakan, peristiwa padamnya listrik sebagian besar wilayah di Pulau Jawa, Minggu (4/8/2019) tak berdampak ke Sulut.

"Sebab kita punya sistem berbeda. Apalagi terpisah pulau," kata Salmon kepada Tribun Manado, Senin (5/8).
Katanya, dari sisi ketersediaan daya, Sistem SulutGo memiliki cadangan relatif besar dengan daya mampu pembangkit 474 Megawatt (MW) sedangkan beban puncak 356 MW. Artinya ada surplus daya 118 MW.

"Meskipun tidak ada keterkaitan tapi kita tetap waspada. Gangguan serupa bisa saja terjadi di sini," katanya.

Terkait itu, adanya listrik padam di beberapa wilayah di Manado pada Minggu (4/8) disebabkan adanya gangguan pada jaringan distribusi listrik.

Penyebab utamanya ialah angin kencang yang melanda wilayah Manado dan sekitarnya.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado Andre Lengkong melalui Manajer PLN ULP Manado Utara Recky Paranoan menjelaskan, ada beberapa penyulang feeder PLN yang terkena dampak dari kondisi tersebut. Khusus Unit Layanan Manado Utara terdapat dua penyulang yangg padam akibat gangguan.

Paranoa menjelaskan, penyulang SR6 yang membentang dari Sindulang hingga Molas padam akibat dahan/batang pohon patah dan menyentuh ke jaringan 20 kV di Sindulang.

"Petugas PLN segera merespsons dan langsung mengamankan titik gangguan sehingga durasi padam dan penormalan bisa dipercepat," kata Paranoan.

Kemudian, penyulang SR1 dari Singkil, Tuminting hingga Pandu juga terkena dampak yang mengakibatkan komponen Jaringan Tegangan Menengah (JTM) mengalami kerusakan.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved