News

DPRD Sulut Kunjungan Kerja ke Ceko, Belajar Keunikan Wisata Kota Praha

"Pemerintah dan masyarakat luar biasa tetap memelihara bahkan mengembangkan bangunan bangunan peninggalan abad pertengahan."

DPRD Sulut Kunjungan Kerja ke Ceko, Belajar Keunikan Wisata Kota Praha
ISTIMEWA
Ilustrasi Keindahan Kota Praha 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - DPRD Provinsi Sulut melaksanakan kunjungan kerja keluar negeri. Kali ini negara Eropa yang disambangi yakni Republik Ceko.

Kunker bertajuk studi banding ini digelar 29 Juli dan akan berakhir 2 Agustus 2019. Tim DPRD yang terdiri dari Amir Liputo, Edison Masengi, Juddi Moniaga, Edwin Lontoh dan Audy Wongkar, didampingi Kabag Umum Jackson Ruaw.

Rombongan mengadakan pertemuan khusus bersama Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Republik Ceko, Kenssy D Ekaningsih.

Topik yang dibicarakan terkait pengembangan pariwisata Sulut Amir Liputo mengatakan, ingin belajar dari potensi pariwisata kota Praha, mulai dari kontribusi sektor pariwisata dalam pertumbuhan ekonomi, dan perdagangan.

Kemudian, dukungan dan pengembangan infrastruktur bagi destinasi pariwisata, serta kebijakan pengembangan usaha industri pendukung.

Amir Liputo yang juga Wakil Ketua Komisi III mengisahkan, Praha menampilkan karakteristik kota yang unik dan mengandung nilai historikal, serta mengesankan sebagai kota modern.

"Pemerintah dan masyarakat luar biasa tetap memelihara bahkan mengembangkan bangunan bangunan peninggalan abad pertengahan yang sangat bersejarah. Dan ini menjadi inspirasi bagi pariwisata Sulut," kata dia.

Menurut dia, Sulut harus menjaga bangunan yang punya nilai sejarah dan dipromosikan, serta dibuat souvenirnya.

Sekretaris Komisi III Edison Masengi mengapresiasi peran pemerintah dalam memelihara objek wisata kota Praha melalui dukungan pengembangan infrastruktur.

Jalan berbatu batu, kastil dan jembatan dijaga dan dipelihara pemerintah sehingga tetap memiliki daya tarik yang khas dan modern.

Juddy Moniaga juga punya kesan gereja-gereja Katolik dengan bentuk yang kokoh dengan arsitektur religius telah menambah daya tarik para wisatawan.

Audy Wongkar, berpendapat majunya pariwisata kota Praha juga karena adanya kebijakan transportasi terpadu. Melalui badan pengelolanya, Prazska Integrovana Doprava (PID), turis difasilitasi saat melakukan perjalanan dalam kota.

"Ini luar biasa jika Kota Kota di Sulut seperti ini, sangat membantu masyarakat dan turis," kata kader PDIP ini.
Dubes Kenssy menantang pemda dan DPRD Sulut untuk membangunan kerja sama kepariwisataan, pengelolaan enceng gondok dan pengembangan moda transportasi terpadu.

"Kami siap membantu memfasilitasi dengan pemerintah kota Praha dan Republik Ceko, dan Pemerintah Sulut diharapkan dapat mengembangkan dan mempromosikan wisata laut dan alam yang sangat disukai warga Ceko," kata dia.

Ia pun akan mengundang Pemda Sulut dan pihak terkait pariwisata untuk hadir dalam expo pariwisata dunia di Kota Praha pada Februari 2020 yang akan diikuti 30 negara Eropa dan Amerika. (ryo)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved