Koopssus TNI

TNI Punya Pasukan Khusus Baru, Tingkat Keberhasilan Mendekati 100 Persen, Bisa Bertugas Dimana Saja

Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus TNI) telah diresmikan.Koopssus TNI ini didasari pada beberapa aturan hukum terkait tugas

Kolase Tribun Manado/PUSPEN TNI/Tribunnews.com/Gita Irawan)
Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus TNI) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus TNI) telah diresmikan.

Pelaksanaan upacaranya telah dilaksanakan di lapangan Satpamwal Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa (30/7/2019).

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Inspektur Upacara peresmiannya saat itu.

Hadi mengatakan pembentukan Koopssus TNI ini didasari pada beberapa aturan hukum terkait tugas pokok TNI, termasuk diantaranya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 yang juga mengatur pelibatan TNI dalam penanggulangan terorisme.

Ia mengatakan, secara tegas undang-undang tersebut mengatur bahwa tugas TNI dalam mengatasi aksi terorisme merupakan bagian dari operasi militer selain perang, yang dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi TNI yaitu penangkal, penindak dan sebagai pemulih.

Hadi menjelaskan, dinamika ancaman asimetris yang terus berkembang, khususnya terorisme global, menuntut kesiapan TNI untuk dapat mengatasinya dengan dilandasi ketentuan dan aturan hukum yang kuat.

Usai Upacara Persesmian Koopsus TNI, Hadi menjelaskan Koopssus TNI dibentuk dalam satu wadah Badan Pelaksana Pusat yang secara struktural komando langsung dibawah Panglima TNI dan bisa digerakan atas perintah presiden.

Baca: Tiga Legenda Balap Motor Sebut Valentino Rossi Masih Punya Peluang Raih Kemenangan di Usia Senja

Baca: Saat Touring, Bikers Gunakan Kode Ini, Menghindari Halangan Hingga Kurangi Kecepatan

Baca: Golkar Sulut Tepis Isu Imba Dilirik Moncong Putih

Hadi menjelaskan, personel Koopsus TNI berasal dari tiga pasukan khusus dari tiga matra yakni Satgultor-81 (Kopassus), Satbravo-90, dan Denjaka.

Para personel pasukan khusus tersebut bermarkas di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

"Sehingga pasukan khusus dari tiga matra, darat, laut, udara, standby di Mabes TNI. Sewaktu-waktu bisa digunakan oleh Panglima TNI atas perintah Presiden," kata Hadi.

Halaman
1234
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved