Menjabarkan Terilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ - “Keluarga: Ikutlah Jalan Tuhan”

Dunia dimana kita tinggal terus berkembang dan berubah. Kita sekarang berada pada era globalisasi yang digerakkan oleh teknologi

MTPJ - “Keluarga: Ikutlah Jalan Tuhan”
Netralnews.com
Alkitab 

MTPJ 28 Juli s/d 3 Agustus 2019

 
TEMA BULANAN : “Keluarga Sebagai Pangkalan Misi”
TEMA MINGGUAN : “Keluarga: Ikutlah Jalan Tuhan”
 BACAAN ALKITAB : Mazmur 37:34-40

ALASAN PEMILIHAN TEMA
Dunia dimana kita tinggal terus berkembang dan berubah.  Kita sekarang berada pada era globalisasi yang digerakkan oleh teknologi sehingga membuat masyarakat mengalami perubahan. 

Kantor Sinode GMIM
Kantor Sinode GMIM ()

Perubahan tidak hanya dalam bentuk fisik tetapi juga menyentuh sampai pada nilai-nilai moral dan etika manusia yang berdampak pada keluarga yang terdiri dari bapak, ibu dan anak-anak.

Keluarga adalah lembaga yang sangat vital, sangat penting artinya bagi kehidupan suatu masyarakat. Keluarga Kristen diimani sebagai keluarga Allah. Keluarga merupakan gagasan karya nyata Allah bagi manusia maka keluarga menjadi segala-galanya bagi Allah untuk dipelihara.

Menjadi keluarga Allah adalah sangat penting untuk mengenal jalan-jalan Tuhan. Jalan Tuhan menunjuk pada jalan keselamatan atau kehendak Allah. Kita tidak dapat pungkiri bahwa sekarang ini banyak keluarga Kristen yang tidak lagi berada pada jalan yang dikehendaki Tuhan.

Renungan
Renungan (WWW.THOUGHTCO.COM)

Mereka membangun jalan sendiri hingga menyimpang dari jalan Tuhan, tidak dapat lagi membedakan mana yang jahat dan mana yang baik.  Keluarga tidak mampu lagi menjadi tempat yang aman untuk mentransfer nilai-nilai kebaikan, tapi justru telah terkontaminasi dengan berbagai prilaku yang tidak berkenan kepada Tuhan. Akibatnya keluarga kehilangan arah, kebahagiaan, dan ketiadaan damai sejahtera serta kegagalan melandanya. Karena itu tema minggu ini adalah “Keluarga: Ikutilah Jalan Tuhan “.

PEMBAHASAN TEMATIS

Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Mazmur 37 berisi petunjuk tentang hikmat rohani berciri khas didaktis sehingga dikategorikan pada Mazmur hikmat dan pendidikan yang menggambarkan bagaimana Tuhan Allah mendidik umat-Nya tentang kebenaran yaitu sikap orang percaya terhadap orang fasik yang hidupnya berhasil dan kesukaran hidup orang benar“. 

Ilustrasi Holy Bible
Ilustrasi Holy Bible (NET)

Mazmur 37, mengangkat dua prilaku manusia yang saling bertentangan yaitu prilaku orang jahat dengan segala kejahatannya dan prilaku orang benar yang berkenan kepada Tuhan dengan segala konsekwensi masing-masing.  Pemazmur hendak meyakinkan bahwa betapa rentan dan terbatasnya hidup orang yang berbuat jahat, mereka mudah jatuh dan hancur.

Berbeda dengan hidup orang benar, dimana pemazmur menghimbau agar orang “jangan marah” dan meninggalkan “panas hati” (Mazmur. 37:1. 7, 8). Ini menunjukkan bahwa umat Tuhan berada dalam suasana hati yang tidak nyaman, timbul rasa cemburu terhadap realitas hidup dimana ada orang yang hidup jujur, tulus dan benar dihadapan Allah tetapi mengalami kehidupan yang susah dan menderita. 

Halaman
1234
Editor: Aswin_Lumintang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved