Berita Internasional

Iran-AS Memanas, Jalur Kapal dan Pangkalan Milik ''Paman Sam'' Tetap Aman

Hubungan Iran dan AS memanas menyusul keputusan Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 dan menjatuhkan sanksi.

Iran-AS Memanas, Jalur Kapal dan Pangkalan Milik ''Paman Sam'' Tetap Aman
google
Presiden Amerika Serikat Donald Trump 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hubungan Iran dan AS memanas menyusul keputusan Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 dan menjatuhkan sanksi.

Relasi di antara kedua negara semakin merenggang dalam tiga bulan terakhir menyusul serangan terhadap kapal tanker maupun drone di Selat Hormuz.

Dalam suasana panas itu, Iran dilaporkan melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah.

Rudal itu diklaim bisa meluncur sejauh 1.000 kilometer.

Demikian keterangan dari sumber Pentagon AS.

Kabar yang disampaikan oleh jurnalis CNN Barbara Starr melalui kicauannya di Twitter menyebutkan rudal yang diluncurkan Iran merupakan Shabaab-3.

"Iran pada Rabu malam (24/7/2019) melaksanakan uji coba rudal balistik jarak menengah yang bisa meluncur sejauh 1.000 km," kata Starr dilansir Al Arabiya, Jumat (26/07/2019).

Starr melanjutkan, rudal Shabaab-3 itu memang tidak memberikan ancaman terhadap jalur kapal maupun pangkalan yang dimiliki oleh Negeri "Uncle Sam".

"Namun dari laporan intelijen yang disampaikan sumber, peluncuran itu merupakan bagian dari upaya Iran meningkatkan jarak serta akurasinya," papar Starr.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan kepada Bloomberg TV via Daily Mirror, dia siap untuk pergi ke Iran dan melakukan perundingan jika dibutuhkan.

Halaman
12
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved