Tak Ada Lahan untuk Sawit di Mitra

Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap mendukung kebijakan Gubernur Olly Dondokambey untuk menolak masuknya kelapa sawit di daerah Sulut.

Tak Ada Lahan untuk Sawit di Mitra
AFP PHOTO / ADEK BERRY
Ilustrasi kelapa sawit 

Tak Ada Lahan untuk Sawit di Mitra

Laporan wartawan Tribun Manado Giolano Setiay

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN -  Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap mendukung kebijakan Gubernur Olly Dondokambey untuk menolak masuknya kelapa sawit di daerah Sulut.

Dukungan keras ini ditekankan kepada Dinas Koperasi dan UKM.

“Arahan bupati sangat jelas. Mitra tak akan memberi satu meter pun bila ada perusahaan sawit yang mencoba masuk,” kata JS melalui Kepala Dinas Gothileb Mamahit.

Mamahit mengatakan, hal tersebut sebagai langkah tegas yang diambil pemerintah untuk memulai dan mengembangkan potensi produksi minyak kelapa lokal.

“Sudah menjadi tugas kami untuk menggali potensi yang ada di daerah,” katanya.

Ia menambahkan, Dinas Koperasi dan UKM siap memfasilitasi untuk pengadaan rumah kemasan sebagai tempat pengolahan Minyak Kelapa Lokal dari Petani Kelapa.

" Program ini yang kita siapkan untuk pengolahan Minyak Kelapa Lokal yang beriringan dengan akan dibuatkan Perda untuk jual beli hasil pengolahan minyak lokal ini. Selain bisa memfasilitasi Petani Kelapa tentu untuk menunjang perekonomian Minahasa Tenggara lebih maju lagi,"

Sekertaris Daerah (Sekda) Robby Ngongoloy mengatakan, inovasi baru akan segera dijalankan sesuai dengan perintah Bupati untuk memboikot peredaran minyak sawit.

“Kita akan membuka peluang untuk pengolahan minyak kelapa lokal yang merupakan hasil dari petani kelapa di Mitra," tuturnya.

Menanggapi isu ini, petani kelapa lokal Hein South mengatakan, memang untuk kondisi petani kelapa saat ini sangat memprihatinkan dengan anjloknya harga kopra yang tak kunjung stabil.

“Bila ini menjadi solusi terbaik dari pemerintah Minahasa Tenggara, dalam mendongkrak kembali nasib kami sebagai petani kelapa lokal, tentu akan sangat membantu dari sisi pekerjaan dan ekonomi kami,” kata dia.

Ia sangat berharap pemerintah bisa memfasilitasi pengolahan minyak kelapa lokal.

“Itu nantinya bisa menjadi jaminan dari pemerintah untuk kami petani kelapa dan masyarakat pada umumnya,” kata Hein.

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved