Bitung

Wali Kota Maximiliaan Lomban Menghadiri Rakornas X Tim Pengendali Inflasi Daerah di Jakarta

Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) X Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2019

Wali Kota Maximiliaan Lomban Menghadiri Rakornas X Tim Pengendali Inflasi Daerah di Jakarta
Istimewa
Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) X Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2019 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) X Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2019

Pada rakornas tersebut mengusung tema Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif.

Rakornas yang dilaksanakan di Puri Agung Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Kamis (25/7/2019) ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Turut hadir sejumlah menteri diantaranya Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan para kepala daerah di seluruh Indonesia.

Dalam sambutanya Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa tingkat inflasi yang terjaga, pendapatan negara, dan pertumbuhan ekonomi (Produk Domestik Bruto/PDB) menjadi indikator dari kemajuan suatu bangsa.

Inflasi juga akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

Baca: Edhy Prabowo: Ibu Megawati Sarankan Prabowo Diet, Bilang Mega Masih Muda Dibanding Mahathir

Baca: Dulu Hidup Susah, Zaskia Gotik Kini Tinggal di Rumah Mewah, Yuk Intip!

Baca: Usai Apel, Wali Kota Maximiliaan J Lomban Tahan Semua Kepala Sekolah, Sampaikan Arahan Ini

Baca: Surya Paloh Dukung Anies Baswedan untuk untuk Pilpres 2024 Mendatang, Pengamat Sebut Drama Politik!

“Kalau inflasi tinggi, daya beli turun, dan kemiskinan naik. Begitu juga dengan pengangguran akan naik kalau ada masalah inflasi,” jelasnya

Sementara itu, Wali Kota Bitung sendiri mengatakan, ada tiga langkah strategis yang diambil pemerintah dan BI untuk menjaga tingkat inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK).

"Langkah ini diyakini akan memperkuat pengendalian inflasi, dimana pada 2018 inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) juga terkendali pada level 3,13% dan berada dalam kisaran sasarannya, yakni 3,5%±1%," ujar Lomban.

Diketahui, tiga langkah strategis tersebut yang disepakati itu adalah, Menjaga inflasi dalam kisaran sasaran, terutama ditopang pengendalian inflasi volatile food maksimal di kisaran 4-5%.

Halaman
12
Penulis: Jufry Mantak
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved