News

Eceng Gondok di Danau Tondano Seluas 325 Hektar, Ini Tindakan Pemkab Minahasa

“Saat ini sudah ada alat berat di danau tondano untuk membuka areal mulut sungai tondano ke aliran Sungai Tondano."

Eceng Gondok di Danau Tondano Seluas 325 Hektar, Ini Tindakan Pemkab Minahasa
Istimewa
Pembersihan Eceng Gondok di Danau Tondano 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Wenny Talumewo mengatakan instansi yang ia pimpin saat ini atas instruksi pimpinan Bupati dan Wakil Bupati sudah melakukan tindakan eksekusi serta mencari solusi agar nelayan yang ada di Tondano bisa beraktifitas kembali ke mulut danau tondano.

“Saat ini sudah ada alat berat di danau tondano untuk membuka areal mulut sungai tondano ke aliran Sungai Tondano serta akan membuat jalur khusus bagi nelayan untuk melintasi sungai tondano tanpa terganggu dengan gulma enceng gondok,” ungkapnya.

Talumewo menambahakan untuk jalur khusus perahu nelayan akan di batasi dengan bambu sekita 2,5 meter sambil alat berat membersihkan enceng gondok dari sungai tondano

“Siang ini di sungai dan danau tondano sebanyak 4 alat berat sementara melakukan pekerjaan pembersihan enceng gondok,” ungkapnya.

Ia pun berharap dengan terbukanya akses bagi nelayan asal tondano agar bisa kembali beraktifitas mencari ikan ke danau tondano dengan membersihkan enceng gondok yang menutupi sungai tondano.

Sementara itu, Asisten dua Pemkab Minahasa Wilford Siagian mengungkapkan dari luas Danau Tondano yang berkisar 4.278 hektare, ada 315 hektare atau sekitar 400.000 meter kubik luas eceng gondok yang ada.

"Itu berarti hampi 10 persen Danau Tondano ini tertutup eceng gondok, kalau dibiarkan maka akan berdampak pada penyusutan danau," katanya.

Ia menambahkan, kalau hal ini dibiarkan maka dalam 30 tahun mendatang Danau Tondano akan kering, "untuk sementara, kami sedang menyusun regulasi zonasi Danau Tondano," tandasnya. (Eas)

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved