Berita Kampus

KNPI dan Cipayung Plus Gelar Diskusi soal Pemuda dan Peranannya

Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Kakas Barat dan aktivis mahasiswa yang tergabung

KNPI dan Cipayung Plus Gelar Diskusi soal Pemuda dan Peranannya
ISTIMEWA
Seluruh peserta saat foto bersama dua pemateri Ketua KNPI Minahasa terpilih Rifky J. Roring dan Ketua KNPI Minahasa demisioner Theo Umbas beserta jajaran pengurus KNPI Minahasa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Kakas Barat dan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus menggelar diskusi bertajuk "Pemuda dan Peranannya" di Kantin Fakultas Bahasa dan Seni Unima, Kamis (18/7/2019).

Rifky Johanes Roring, pemateri mengatakan sudah saatnya pemuda mengambil peran lebih dalam persoalan daerah maupun bangsa.

"Melihat banyak sekali persoalan yang terjadi belakangan ini, apalagi pasca Pilpres maupun Pileg, maka sudah saatnya pemuda mengambil peran lebih," ungkap Ketua KNPI Kabupaten Minahasa terpilih masa bakti 2019-2022.

Rifky mengatakan pemuda berperan menjadi penyejuk di tengah-tengah persoalan, menyodorkan strategi dan ide brilian dalam pembangunan daerah, memegang fungsi kontrol dalam pemerintahan juga harus netral.

"Jadi peran pemuda sangat strategis dalam pembangunan daerah maupun bangsa. Olehnya, saya selaku pemuda berharap agar kita sama-sama mengambil peran itu, apalagi di era sekarang ini. Sumbangsih dan peran pemuda sangat dibutuhkan di semua lini," tuturnya.

Theo Umbas, pemateri lainnya mengingatkan pemuda jangan terlalu cepat menyimpulkan permasalahan sebagai kelalaian pemerintah dalam melaksanakan program.

Ketua KNPI Kabupaten Minahasa demisioner ini mengatakan peran pemuda yang paling utama adalah menjadi mitra pemerintah bahkan membuat kajian dan menyiapkan solusi bagi pemerintah agar memperbaiki kesalahan yang terjadi.

"Pemuda itu harus membantu dan menopang pemerintah. Peran pemuda sebenarnya menjadi mitra pemerintah, dalam hal realisasi program maupun memberikan ide dan gagasan," ujar Umbas.

Katanya, kajian atau ide yang boleh disodorkan kepada pemerintah diantaranya berkaitan dengan peningkatan ekonomi kerakyatan, ekonomi industri, pengolahan sampah yang boleh menghasilkan pendapatan/income, pendidikan, potensi pariwisata daerah dan masih banyak lagi.

"Satu contoh, di Minahasa ada begitu banyak yang boleh dikembangkan dan itu perlu sentuhan dan peran pemuda. Apalagi menjelang pasar bebas dan revolusi industri 4.0. Sudah saatnya pemuda bangkit dan ambil peran," terangnya.

Pada akhir diskusi semua peserta menyepakati agar pemuda harus menjadi perangkul bukan pemecahbelah, menyiapkan hal-hal solutif, dalam perspektif politik pemuda harus melibatkan diri, menjadi mitra kritis bukan hanya mengikuti apa mau pemerintah, meningkatkan minat baca, pemberdayaan perempuan juga peran dari pemuda, lebih memberi pengaruh positif untuk menyuarakan pentingnya pendidikan, mengasah skill, harus lebih kompeten dan memiliki jiwa sosial.

Peserta menantang KNPI Kabupaten Minahasa yang baru terpilih agar membuat terobosan, yang paling pertama adalah menyediakan Rumah Literasi bagi pemuda untuk meningkatkan minat baca juga Rumah Kreatifitas untuk pengolahan kerajinan tangan, produksi industri skala kecil maupun besar dan lain sebagainya.

Hadir dalam diskusi diantaranya, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Bahasa dan Seni, GP Ansor, pengurus KNPI Minahasa, pengurus KNPI Kecamatan Kakas Barat.

Baca: Begini Ekspresi Pebulutangkis Tercantik di Dunia usai Menderita Kekalahan

Baca: Selama 27 Tahun Hidup dan Menyendiri di Hutan, Pria Ini Ngaku Sudah 1.000 Kali Lakukan Ini

Baca: Breaking News - Pasutri di Bolsel Hanyut Terseret Arus Sungai, 1 Korban Ditemukan Tak Bernyawa

Baca: Curhat Wali Kota Tangerang soal Menkumham Yassona Laoly

Baca: Hasil Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022: Indonesia di Grup Neraka

Baca: Jokowi Kans Pertahankan 9 Menteri Ini di Kabinet Selanjutnya, Ini Sosoknya

Baca: VIRAL, Sindir Imbauan Garuda Indonesia, Kaesang Pangarep Pasang Foto dengan Jokowi di Pesawat

Baca: Keluarkan Vlog Baru, Ahok Sebut Namanya Lebih Ngetop Saat di Penjara: Betul Gak?

Baca: 4 Oknum Polisi dan Wartawan Ditangkap Polisi, Diduga Mau 86 Kasus Narkoba

Editor: Aldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved