News

BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata', Ajak Warga Sadar Mutu dan Karantina

“Selain itu masyarakat juga lebih sadar tentang manfaat mengkonsumsi ikan, karena sangat kaya akan protein."

BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata', Ajak Warga Sadar Mutu dan Karantina
ISTIMEWA
BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata' 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bulan Bakti Penyelenggaraan Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan 2019 kali ini mengusung tema “Melalui Gemasatukata (Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina), Kita Wujudkan Pemanfaatan Sumber Daya Ikan Yang Lestari dan Berkelanjutan”.

Tema tersebut melatarbelakangi kondisi saat ini yang marak terjadi, di mana banyak jenis ikan invasif dipelihara masyarakat, penangkapan dan penyelundupan komoditi ilegal yang diatur dan dilindungi, hingga isu-isu terkait pencemaran limbah plastik dan mikroplastik.

BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata'
BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata' (ISTIMEWA)

Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan melalui Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Manado menyelenggarakan beberapa event kegiatan diantaranya: Pencanangan Pembukaan Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan dengan melibatkan anak-anak dari Sekolah Sepak Bola yang ada di Kota Manado.

Selain itu ada juga kegiatan Pemusnahan Komoditi Perikanan dan Prohibited Item, serta Penanda tanganan Kerjasama antara BKIPM Manado dan PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado, Public campaign di Bandara Sam Ratulangi Manado dan Pelabuhan Laut Manado.

BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata'
BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata' (ISTIMEWA)

Jangan lewatkan juga bazar murah produk perikanan dan sembako lainnya yang dirangkaikan dengan kegiatan donor darah oleh BKIPM Manado dan PMI Provinsi SULUT.

Sosialisasi melalui kegiatan Festival FootBall Junior juga digelar, dimana peserta kegiatan ini adalah anak usia 10 hingga umur 12 tahun.

Tak ketinggalan, acara sosialisasi dan coaching clinic di supermarket-supermarket yang ada di Kota Manado, Sosialisasi dan pembagian Ikan sehat dan bermutu di tiga kelurahan yang ada di Kota Tomohon serta pembagian ikan kaleng di sepanjang jalan di area tugu alfa omega pusat Kota Tomohon.

BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata'
BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata' (ISTIMEWA)

Tak ketinggalan, sosialisasi Peraturan Menteri KP No 56 Tahun 2016 kepada masyarakat nelayan Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara, yang dilanjutkan dengan operasi bersama sumber daya ikan oleh BKIPM Manado dan Direktorat POLAIRUD Polda Sulut..

Sedangkan rencana kegiatan Bulan Bakti 2019 BKIPM Manado yang tersisa yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini adalah senam Zumba bersama di Kawasan Mega Mas Manado, dan bakti pantai di Kabupaten Minahasa Selatan, sekaligus menjadi kegiatan penutup dalam Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan 2019.

Keseluruhan event-event yang diselenggarakan oleh oleh BKIPM Manado memiliki tujuan yang sama yakni meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan fungsi perkarantinaan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan, serta keamanan hayati ikan.

BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata'
BKIPM Manado Gelar 'Gemasatukata' (ISTIMEWA)

Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan ini juga dimaksudkan untuk mendorong masyarakat lebih meningkatkan konsumsi protein asal ikan dan lebih mengetahui cara-cara pemilihan ikan yang sehat dan bermutu yang akan dikonsumsi.

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Manado mengharapkan melalui Kegiatan-kegiatan di Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan ini, masyarakat bisa mengetahui apa saja tupoksi dari BKIPM Manado.

“Selain itu masyarakat juga lebih sadar tentang manfaat mengkonsumsi ikan, karena sangat kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan otak”, tandasnya. (*/ord)

Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved