Berita Kesehatan

Hasil Studi Para Peneliti Harvard: Anak yang Diasuh Secara Religius Lebih Sehat Fisik dan Mental

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh para peneliti Harvard TH Chan School of Public Health menunjukan bahwa anak-anak yang diasuh secara religius

Hasil Studi Para Peneliti Harvard: Anak yang Diasuh Secara Religius Lebih Sehat Fisik dan Mental
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah studi yang dipublikasikan oleh para peneliti Harvard TH Chan School of Public Health menunjukan bahwa anak-anak yang diasuh secara religius lebih sehat fisik dan mental.

Hasil studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology pada tahun 2018 lalu.

Studi tersebut menyebut, mereka yang diasuh secara religius akan lebih sehat baik fisik maupun mental ketika memasuki usia dewasa dibandingkan mereka yang tidak mengalami pola asuh religius.

Konklusi ini didapatkan setelah para peneliti mengikuti 5.000 anak muda selama 8-14 tahun dengan mengontrol berbagai variabel, seperti kesehatan ibu, status sosioekonomi dan sejarah penggunaan narkoba atau gejala depresi.

Religius di sini bisa, tetapi tidak berarti harus, punya agama formal seperti yang kita kenal.

Anak-anak yang pergi ke tempat ibadah setidaknya seminggu sekali ditemukan 18 persen lebih mungkin untuk melaporkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi ketika mencapai usia 23-30 tahun dibanding mereka yang jarang ke tempat ibadah saat masih kecil.

Mereka juga 29 persen lebih mungkin untuk menjadi sukarelawan dalam komunitasnya dan 33 persen lebih jarang terlibat dengan penggunaan narkoba.

Sementara itu, anak-anak yang berdoa atau bermeditasi setidaknya sekali setiap hari juga ditemukan 16 persen lebih mungkin untuk melaporkan tingkat kebahagian yang lebih tinggi ketika dewasa.

Kebiasaan berdoa saat masih kecil juga menjauhkan mereka dari perilaku seksual di bawah umur; dan ketika dewasa, risiko untuk terinfeksi penyakit seksual menular berkurang hingga 40 persen.

Penulis studi pertama, Ying Chen, mengatakan dalam siaran pers bahwa temuan ini penting untuk pengertian kita akan kesehatan dan pola asuh.

Halaman
12
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved