Ternyata Ini Yang Menyebabkan Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Pantai Canggu Bali

Ribuan ikan jenis lemuru naik ke daratan di pantai Batu Bolong, Canggu, Bali. Kondisi ini menghebohkan warga Bali.

Ternyata Ini Yang Menyebabkan Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Pantai Canggu Bali
KOMPAS/Angger Putranto
ikan lemuru 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ribuan ikan jenis lemuru naik ke daratan di pantai Batu Bolong, Canggu, Bali. Kondisi ini menghebohkan warga Bali.Sejumlah warga langsung beramai-ramai mendatangi pantai tersebut untuk menangkap ikan.

Namun sebagai warga justru merasa khawatir, mereka kemudian mengaitkannya dengan gempa Bali Magnitudo 6,0 yang getarannya terasa hingga Jawa Timur.

Namun demikian Klian Banjar Canggu, Adi Ardika saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (17/7/2019) mengatakan fenomena tersebut bukan akibat gempa Bali. Warga setempat sesungguhnya sudah terbiasa dengan fenomena tersebut.

Menurutnya, warga sudah terbiasa Fenomena tersebut sering terjadi setiap tahun. "Setiap tahun terjadi pada bulan Juni sampai Agustus, volume (ikan) tahun ini memang lebih banyak," kata Ardika.

Dia menjelaskan situasi tahun ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya karena sejumlah peselancar memasang lampu di pinggir pantai. Tujuannya untuk penerangan saat berselancar malam hari.

Keberadaan lampu ini rupanya menarik perhatian ikan-ikan tersebut.

"Kami sudah konsultasi ke ahlinya, ikan jenis ini memang tertarik pada cahaya," ujarnya.

"Begitu lihat sinar di pantai ikannya mendekat bersama gelombang, tapi begitu ombaknya surut ikannya malah tertinggal di pantai."

Karena itu Ardika menegaskan tidak ada kaitannya antara ikan yang naik ke darat dengan gempa besar yang terjadi pada Selasa (17/7/2019).

"Perlu kami sampaikan bahwa ini tidak ada hubungannya dengan gempa karena terjadi setiap tahun," ujarnya.

Namun dmeikian, kepada warga Ardika mengimbau untuk tidak ke pantai dulu sementara waktu, apalagi di malam hari.

Dia khawatir banyaknya orang yang datang untuk memburu ikan membuat warga berdesak-desakan dan mengabaikan keselamatan diri.

Selain itu pihaknya juga menghimbau pengelola usaha di sekitar pantai Batu Bolong untuk menurunkan intensitas cahaya agar tidak menarik perhatian ikan lemuru.

"Sekarang ombak sedang tinggi, kami berharap warga tidak pantai demi keselamatan," pungkas Ardika. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Akibat Gempa Bali, Ini Penyebab Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Pantai Canggu", https://regional.kompas.com/read/2019/07/17/11321171/bukan-akibat-gempa-bali-ini-penyebab-ribuan-ikan-naik-ke-daratan-di-pantai

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved