Editorial Tribun Manado

Peluang dari Istana

Rangkaian perhatian Istana terhadap Sulawesi Utara merupakan peluang. Tentu saja ini harus dimanfaatkan, bukan hanya oleh pemerintah.

Peluang dari Istana
istimewa
Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Presiden Jokowi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kedatangan Presiden Joko Widodo selama dua hari pada 4 dan 5 Juli 2019 lalu menjadi kabar baik bagi Sulawesi Utara.

Presiden secara khusus, bahkan dapat dikatakan mendadak, datang untuk melihat langsung apa yang harus diberikan untuk mengembangkan potensi pariwisata Sulawesi Utara.

Setelah melihat Bandara Sam Ratulangi, Presiden juga melihat lokasi calon kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata di Likupang, Pelabuhan Manado dan Pulau Bunaken, kemudian KEK Bitung dan pelabuhannya.

Tak sampai di situ, Presiden kemudian melanjutkan perhatiannya untuk Sulut dengan menggelar rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, pada 15 Juli 2019 untuk membantu daerah ini mewujudkan pengembangan pariwisata. Gubernur Sulut Olly Dondokambey dipanggil ikut rapat terbatas bersama 18 menteri dan pejabat setingkat menteri, serta beberapa gubernur yang daerahnya masuk dalam daerah super-prioritas.

Setelah Gubernur, giliran Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut yang dipanggil ikut rapat di Istana pada 16 Juli 2019.

Rapat kali ini terkait pengelolaan sampah yang turut menjadi persoalan utama di Kota Manado yang menjadi pintu gerbang para pelancong.

Presiden tentu berharap, daerah harus menyambut kedatangan para turis harus dengan suasana kota yang memberi kesan positif.

Gubernur Olly mengungkapkan, dengan kehadiran KEK pariwisata, target kunjungan 1 juta per tahun bukanlah angan-angan. Berbeda dengan kondisi sekarang yang baru mencapai 100 ribu per tahun.

Pemerintah di Sulawesi Utara hanya berharap ada dukungan dana dari pemerintah untuk mewujudkan semua harapan tersebut.

Gubernur menyebut, dana tersebut untuk membangun jalan dari Bandara Sam Ratulangi ke KEK Likupang dan pembangungan jeti di kawasan KEK.

Halaman
12
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved