Kesehatan

Yang Doyan 'Mager' Baca Baik-baik Nih, Sebelum Kesehatanmu Ambruk!

Kebanyakan manusia modern saat ini memiliki kehidupan yang kurang gerak (sedentary lifestyle).

Yang Doyan 'Mager' Baca Baik-baik Nih, Sebelum Kesehatanmu Ambruk!
Net
Ilustrasi Malas Gerak 

Oleh:
Adi Tucunan
Staf Pengajar FKM Unsrat Manado)

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sejak tiga tahun yang lalu saat gedung tempat bekerja saya di Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat dibangun dengan menggunakan lift, saya tidak pernah sekalipun naik ke dalam lift tersebut.

Saya lebih memilih untuk naik tangga setinggi 4 lantai. Di samping itu, saya lebih memilih untuk mondar-mandir berjalan kaki menuju tempat kerja.

Hal ini menurut saya lebih menyehatkan dibanding naik lift karena kaki dan organ tubuh lain digerakkan dengan baik sebagaimana sistem muskuloskeletal seharusnya terus digerakkan untuk mencapai kesehatan yang optimal. 

Anggota gerak manusia diciptakan Tuhan untuk bergerak dinamis bukan statis. Kebanyakan manusia modern saat ini memiliki kehidupan yang kurang gerak (sedentary lifestyle).

Ada begitu banyak variabel yang memengaruhi mengapa sedentary lifestyle ini sudah menjadi bagian masyarakat kita saat ini.

Di antaranya, karena pekerjaan yang terlampau menyita waktu sampai kurang olahraga, sifat malas masyarakat untuk menggerakan tubuhnya, tidak punya pemahaman yang kuat akan kesehatan dirinya sendiri tentang ancaman penyakit yang siap menerkam mereka, tidak ada fasilitas bagi pejalan kaki yang nyaman dan kurangnya infrastruktur olahraga yang ada baik disiapkan sendiri atau oleh pemerintah dan masyarakat. 

Masyarakat kita saat ini cenderung lebih banyak duduk baik saat bekerja, belajar, bermain dan aktivitas yang tidak membutuhkan pergerakan lainnya.

Anak-anak kita tidak seperti saat kita dulu yang harus bermain dan berlari dengan menggunakan kaki dan tangan dengan begitu banyak permainan yang menarik di alam; sedangkan anak-anak saat ini terlampau banyak duduk dalam ruangan bermain game, internet, media sosial dan sebagainya yang tidak membutuhkan olah fisik. 

Ini adalah bencana bagi anak-anak muda saat ini, ke depan mereka tidak menyadari ada ancaman nyata penyakit degeneratif yang menyerang mereka.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved