Pillwako Bitung 2020

Mantiri Vs Lomban, Pengamat : Pertarungan Menarik Seusai ‘Pecah Kongsi’

“Keputusan Max Lomban dan Maurits Mantiri akan sangat ditunggu-tunggu publik."

Mantiri Vs Lomban, Pengamat : Pertarungan Menarik Seusai ‘Pecah Kongsi’
ISTIMEWA
Max Lomban dan Maurits Mantiri 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Perebutan kursi Wali Kota Bitung dalam Pilkada Bitung menjadi menarik karena majunya Maurits Mantiri sebagai calon wali kota.

Menurut pengamat politik Taufik Tumbelaka, jika benar hal itu terjadi, maka akan menjadi menarik karena tampaknya akan berhadapan dengan pasangan di Pilkada 2016 yang lalu, yakni Max Lomban yang saat ini Wali Kota Bitung.

“Keputusan Max Lomban dan Maurits Mantiri akan sangat ditunggu-tunggu publik, karena dua figur ini dapat dikatakan menjadi sentral kekuatan politik di Bitung,” kata dia kepada Tribun Manado, Senin (15/7/2019).

Ia mengatakan, kontestasi politik di Sulut telah beberapa kali disuguhkan oleh dua kekuatan antara kepala daerah dan wakil kepala daerah yang pecah kongsi. Seperti di Kota Tomohon pada Pilwako Tahun 2010, Wali Kota Tomohon Jefferson SM Rumajar bertarung dengan mantan wakilnya, Syennie L Watoelangkow sebagai calon wali kota.

Dan kemenangan pun diraih Epe, sapaan Jefferson, yang berpasangan dengan Jimmy F Eman, meski pada saat itu Epe kemudian dijerat masalah hukum sehingga tampuk pimpinan Kota Bitung beralih ke tangan Jimmy Eman.

“Kemudian ada contoh lainnnya di Kota Manado GS Vicky Lumentut dan Harley Ai Mangindaan pada Pilwako Manado 2016. Kemudian ada HR Makagansa dan Yabes Gaghana di Pilkada Kabupaten Kepulauan Sangihe 2017.

“Pertarungan pecah kongsi selalu menarik dan memang dua figur utama akan cukup ketat khusus di Bitung,” kata dia.

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved