Peluncuran Roket Antariksa India ke Bulan Tiba-tiba Dibatalkan Saat Hitung Mundur

Misi senilai Rp2 triliun ini akan berfokus pada permukaan Bulan guna mencari air dan mineral serta mengukur gempa di Bulan

Peluncuran Roket Antariksa India ke Bulan Tiba-tiba Dibatalkan Saat Hitung Mundur
ist/Photo: Twitter/@isro
Chandrayaan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Satu jam sebelum dijadwalkan melesat ke angkasa luar, peluncuran roket antariksa India tiba-tiba dihentikan

Seperti dilansir BBC Indonesia, Badan antariksa India mengatakan hitung mundur dihentikan 56 menit sebelum peluncuran setelah "masalah teknis ditemukan dalam sistem wahana peluncur".

Misi kedua India ke Bulan itu dijadwalkan melesat pada Senin (15/07) pukul 02.51 waktu setempat dari stasiun antariksa Sriharikota di pesisir timur negara tersebut.

Jadwal peluncuran selanjutnya akan diumumkan dalam waktu dekat.

Misi senilai sekitar Rp2 triliun ini akan berfokus pada permukaan Bulan guna mencari air dan mineral serta mengukur gempa di Bulan.

Jika sukses, India akan menjadi negara keempat yang mendarat secara lunak pada permukaan Bulan.

Hanya Amerika Serikat, China, dan bekas Uni Soviet yang pernah melakukan hal serupa.

Kepala Organisasi Riset Antariksa India (ISRO), K Sivan, mengatakan ini adalah "misi luar angkasa paling kompleks yang pernah dilakukan badan ini".

Wahana pendarat dan kendaraan diperkirakan bakal tiba di kutub selatan Bulan pada awal September, menjadikannya sebagai pesawat antariksa pertama yang mendarat di kawasan itu.

Misi ke Bulan pertama pada 2008-- Chandrayaan-1—tidak mendarat di permukaan Bulan, namun melakukan pencarian air pertama dan paling rinci di Bulan menggunakan radar.
Bagaimana caranya mencapai Bulan?

Halaman
12
Editor: Charles_Komaling
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved