Badan Perlindungan Konsumen Nasional

BPKN Bikin Terobosan Raksa Nugraha, Pelindung Konsumen

Penganugerahan RAKSA NUGRAHA akan meningkatkan citra perusahaan sebagai pelaku usaha yang bertanggung jawab dan peduli konsumen.

BPKN Bikin Terobosan Raksa Nugraha, Pelindung Konsumen
Arief Safari
Sosialisasi Penganugerahan Raksa Nugraha oleh BPKN. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) telah diundangkan pada tahun 1999.

Sejak mulai diundangkan sampai saat ini (lebih dari 20 tahun), masih banyak masyarakat dan juga pelaku usaha yang belum mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen maupun pelaku usaha sebagaimana diatur dalam UUPK.

Ketidaktahuan dan ketidakpahaman masyarakat dan pelaku usaha ini menyebabkan banyak terjadi insiden perlindungan konsumen akibat pelanggaran terhadap hak konsumen yang dilakukan oleh
pelaku usaha dan masih rendahnya kesadaran konsumen untuk mengadukan permasalahannya.

Rendahnya kesadaran konsumen dan Pelaku Usaha terhadap perlindungan konsumen juga dikarenakan komitmen Pemerintah dan Pemda dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen masih rendah, dalam hal perhatian dan keberpihakannya pada masyarakat.

Sosialisasi  Penganugerahan Raksa Nugraha oleh BPKN.
Sosialisasi Penganugerahan Raksa Nugraha oleh BPKN. (Arief Safari)

Di lain pihak beberapa Pelaku Usaha sudah melakukan berbagai inisiatif sehingga bisa memberikan perlindungan pada konsumen; untuk itu perlu diberikan apresiasi pada Pelaku Usaha yang sudah berinisiatif dalam melakukan upaya perlindungan konsumen.

“Dalam rangka memasyarakatkan sikap keberpihakan masyarakat terhadap Perlindungan Konsumen khususnya kepada para Pelaku Usaha, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) sebagai lembaga yang diamanahkan oleh UUPK untuk mengembangkan upaya perlindungan konsumen akan mengadakan kegiatan pemberian apresiasi kepada pihak-pihak yang peduli akan perlindungan konsumen dengan nama “RAKSA NUGRAHA Indonesia Consumer Protection Award”.

Penganugerahan Raksa Nugraha adalah apresiasi yang akan diberikan BPKN kepada para Pelaku Usaha", disampaikan Rolas, selaku Wakil Ketua BPKN dalam acara sosialisasi penganugerahan kepada Pelaku usaha, Jakarta, 10 Juli 2019.

Raksa berarti penjaga atau pemelihara sedangkan Nugraha adalah anugerah atau kurnia, sehingga arti dari RAKSA NUGRAHA adalah Penjaga Anugerah, yang bermakna sebagai Pelindung Konsumen karena Konsumen adalah Anugerah, tidak ada Konsumen maka Pelaku Usaha tidak akan ada.

Sosialisasi Penganugerahan Raksa Nugraha oleh BPKN.
Sosialisasi Penganugerahan Raksa Nugraha oleh BPKN. (Arief Safari)

RAKSA NUGRAHA Indonesian Consumer Protection Award merupakan ajang penghargaan kepada pelaku usaha di Indonesia yang telah mau dan mampu menyelenggarakan program perlindungan konsumen sebagai wujud tanggung jawabnya untuk mendukung praktik bisnis yang baik, beretika dan bertanggungjawab agar dapat tumbuh berkelanjutan.

Penilaian RAKSA NUGRAHA menggunakan model bisnis kinerja unggul Malcolm Baldridge National Quality Award (MBNQA) dengan pendekatan pemeringkatan. Berbagai kalangan di Indonesia sudah mengadopsi MBNQA, diantaranya oleh kementerian/BUMN dalam menilai BUMN yang berkinerja unggul.

Halaman
123
Editor: Sigit Sugiharto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved