Berita Minsel

Bimtek Operator Siskeudes Berakhir, Ini yang Diharapkan BPKP!

Selama tiga hari, Selasa-Kamis (09-11/07/2019) sebanyak 167 hukumtua dan operator desa se-Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dilatih.

Bimtek Operator Siskeudes Berakhir, Ini yang Diharapkan BPKP!
TRIBUN MANADO/ANDREW PATTYMAHU
Bimtek Operator Siskeudes Berakhir, Ini yang Diharapkan BPKP! 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Selama tiga hari, Selasa-Kamis (09-11/07/2019) sebanyak 167 hukumtua dan operator desa se-Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dilatih.

Khususnya cara pengelolaan sistem keuangan desa (aplikasi siskeudes) di Hotel Sutanraja Amurang, Minsel, Sulawesi Utara.

Manarsar Panjaitan dari Tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Minsel.

Dalam materi yang disampaikannya, Panjaitan mengatakan semua hukumtua dan operator desa harus paham menggunakan aplikasi Siskeudes.

"Pemkab Minsel harus berkomitmen untuk berupaya melakukan pembinaan terkait pengelolaan keuangan pemerintah desa yang lebih bisa dipertanggungjawabkan dan transparan," kata dia.

Karena dalam pengelolaan keuangan desa diperlukan peningkatan kapasitas dan kompetensi bagi kepala desa dan perangkat desa.

Panjaitan juga berharap dengan kegiatan bimtek ini, seluruh kepala desa dapat memahami Aplikasi Siskeudes sebagai alat bantu, sehingga mampu menghadapi pengawasan, baik pengawasan dari pemerintah atau masyarakat.

"Tujuannya agar, hasil-hasil pembangunan desa lebih bisa dinikmati pemanfaatannya oleh masyarakat. Dan saya harap semua perangkat desa bisa mendukung adanya penggunaan Aplikasi Siskeudes dalam pengelolaan keuangan desa," tambah dia.

Panjaitan berharap, seluruh perangkat desa agar menyusun laporan keuangan dengan baik sesuai dengan pola yang ada di Siskeudes.

Ia menambahkan, aplikasi Siskeudes memiliki banyak manfaat, di antaranya memudahkan tata kelola keuangan desa yang didukung dengan petunjuk pelaksanaan implentasi dan manual aplikasi.

"Aplikasi ini juga sesuai dengan regulasi yang berlaku dan menatausahakan seluruh sumber yang dikelola oleh desa," pungkas dia.

(Tribun Manado/Andrew Alexander Pattymahu)

BERITA TERPOPULER :

Baca: Ketika Emosi SBY Belum Stabil, Lihat Apa yang Ia Lakukan Saat Tahlilan 40 Hari Ani Yudhoyono

Baca: Fakta Lain Penemuan Jasad Pendaki Thoriq, Eko Wanadri Azan & Duduk 1,5 Jam Lalu Ajak Tim Balik

Baca: Potret Gaya Hidup Aaliyah Massaid, Kerap Tampil Mewah Bak Sosialita Muda

TONTON JUGA :

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved