Harapan untuk Polda Sulut

News Analisis Toar Palilingan - Kepolisian Diharapkan Makin Promoter

Peningkatan status itu menuntut peningkatan pula pelayanan lebih baik ke masyarakat.

News Analisis Toar Palilingan - Kepolisian Diharapkan Makin Promoter
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Toar Palilingan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Polda Sulut belum lama ini ditingkatkan statusnya jadi Polda tipe B. Ini disertai peningkatan kepemimpinan dijabat perwira tinggi pangkat dua bintang, selain itu jumlah personel ditambah.

Peningkatan status itu menuntut peningkatan pula pelayanan lebih baik ke masyarakat.

Baru-baru ini, sebagai bagian dari Polri, Polda Sulut mendapat penghargaan pelayanan.

Ini tentu jadi kebanggaan, tak hanya untuk jajaran Polda, tapi bagi masyarakat juga. Kepolisian hadir untuk melayani di tengah masyarakat.

Di peringatan hari Bhayangkara ini, banyak harapan kepolisian itu sesuai kebijakan utamanya yakni promoter, artinya profesional, modern dan terpercaya.

Polda Sulut harus menunjukkan bahwa kepolisian ini promoter sesuai apa yang diharapkan masyarakat.

Jika menyimak keamanan ketertiban masyarakat saat ini ada kesan tren kejahatan menurun.

Memang, baru-baru ini ada kasus pembunuhan yang sempat menghebohkan hingga meningkatkan ekses, tapi itu kasuistis yang tak bisa digeneralisasi.

Jika jalan di Kota Manado masyarakat bisa merqsalan sendiri, tak ada orang yang seenaknya. Ini sebagai efek bentuk kepercayaan kepada Polri

Laporan masyarakat cepat direspon dan ditangani, ini membuat orang jadi segan. Tingkat kesadaran masyarakat secara umum juga sudah terbangun baik, itu bagian peran kepolisian.

Polisi saat ini sudah low profile, cenderung gaya lama sudah jarang kelihatan. Memang ini langkah yang baik, membuat masyarakat jadi lebih segan.

Bicara kinerja kepolisia, tidak kalah penting ketika berhasil melalui momen Pemilu. Peran kepolisian memberi rasa keamanan dan kenyamanan, tidak seperti daerah lain.

Salah satu keberhasilan lainnya yakni sinergitas antara TNI Polri bisa terbangun sehingga menjamim keberhasilan pemilu berlangsung aman.

Tantangan buat jajaran Polda Sulut dewasa ini semakin meningkatkan pelayanan, dan jangan berpuas diri dengan capaian yang sudah ada. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved