Berita Bitung

Mantiri Ajak Masyarakat Lakukan Ini untuk Lansia

Mantiri memenuhi undangan Menteri Sosial‎ Gumiwang Kartasasmita pada perayaan puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2019.

Mantiri Ajak Masyarakat Lakukan Ini untuk Lansia
ISTIMEWA
Mantiri Ajak Masyarakat Lakukan Ini untuk Lansia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - "Melihat perkembangan aktivitas dan kegiatan para lansia saat ini, maka pemerintah sudah mengajukan usia minimal lanjut usia (lansia) jadi 65 tahun," kata Menteri Sosial Gumiwang Kartasasmita.

Perkataannya itu dikutip Maurits Mantiri wakil Wali Kota Bitung, Sulawesi Utara, Rabu (10/07/2019).

Mantiri memenuhi undangan Menteri Sosial‎ Gumiwang Kartasasmita pada perayaan puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2019, di monumen Perjuangan Kota Bandung Provinsi Jawa Barat (Jabar), Selasa (09/07/2019).

Lanjut Mantiri, setiap pemerintah daerah wajib hukumnya melakukan rehabilitasi pelayanan dasar kepada lansia yang terlantar, karena dijamin oleh undang-undang yang sudah di lanjutkan dengan peraturan pemerintah dan Permen.

Wawali Bitung yang juga ketua Komda Lansia Kota Bitung dalam rilis melalui Bagian Humas dan Protokol menambahkan, acara tersebut mengambil tema Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat puncaknya pada Rabu (10/07/2019).

Ada kegiatan pameran, jalan sehat yang diikuti 500 lansia, senam lansia, hiburan, penyerahan bantuan, penyerahan penghargaan dan karnaval.

Mantiri Ajak Masyarakat Lakukan Ini untuk Lansia
Mantiri Ajak Masyarakat Lakukan Ini untuk Lansia (ISTIMEWA)

Untuk penyerahan berlangsung pada 9-10 Juli 2019, dibuka oleh Menteri Sosial RI dengan ‎menampilkan hasil karya lansia, pembangunan lansia, demo atraksi lansia, CSR peduli lansia dan aksesibilitas peduli lansia.

"Momentum ini dapat mengajak masyarakat Indonesia khusus Kota Bitung untuk lebih berpartisipasi aktif dalam mewujudkan lanjut usia yang mandiri.

"Tidak tergantung kepada orang lain dan dapat menjadi teladan untuk menjunjung tinggi martabat para lansia," tandasnya.

Ditempat terpisah sejumlah lansia di Kota Bitung punya gelintir harapan untuk tetap melakukan aktivfitas sehari-hari.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved