Gubernur Sulut Minta Izin kepada Menteri KLH, Ingin Manfaatkan Mangrove Menjadi Pariwisata Bahari

Sulut masih perlu ditanami mangrove. Apalagi status sebagai kawasan wisata, Sulut harus dapat mengembangkannya sebagai daya tarik.

Gubernur Sulut Minta Izin kepada Menteri KLH, Ingin Manfaatkan Mangrove Menjadi Pariwisata Bahari
TRIBUN MANADO/RIAN SEKEON
Suasana Gerakan Menanam Mangrove di Kelurahan Meras, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Selasa (9/7/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang beranggotakan para istri Kabinet Kerja menggelar penanaman mangrove secara serentak di 12 provinsi di Indonesia, Selasa (9/7/2019).

Kelurahan Meras, Kecamatan Bunaken, Manado, menjadi pusat kegiatan tahap kedua ini.

Acara dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan dihadiri Ketua OASE Ny Uga Wiranto. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Ny Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, serta Wakil Ketua TP PKK Sulut Ny Kartika Devi Kandouw-Tanos juga hadir dan berpartisipasi menanam mangrove.

Kegiatan juga dihadiri Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang bersama Ny Linda Tiopan Aritonang, Ketua Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Sulut Ny Nunuk Sigid Tri Hardjanto, Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan dan Ny Imelda Bastiaan-Markus, serta undangan lainnya.

"Yang paling penting adalah bahwa mangrove ini sebetulnya tempat penyimpanan karbon yang terbaik. Dunia berharap banyak pada mangrove, dan Indonesia area mangrove terbesar di dunia. Kita beruntuk membuat mangrove lebih berguna, karena di Bali biji mangrove dan getahnya bisa menjadi pewarna pakaian dan itu bagus," ungkap Menteri Siti Nurbaya.

Menteri mengapresiasi masyarakat dan semua pihak yang terlibat dalam Gerakan Nasional Peduli Mangrove ini yang menjadi program prioritas dan sangat didukung penuh oleh Pemerintah Sulawesi Utara.

Baca: Gubernur Katakan Mangrove Akan Dijadikan Tempat Wisata di Sulawesi Utara

Baca: Peringati Hari Lingkungan Hidup, Relawan Konservasi Sulut Tanam Mangrove di Meras

"Saya juga akan menanam sebanyak-banyaknya mangrove di seluruh daerah mengingat fungsi penting mangrove sebagai penahan gelombang termasuk tsunami, penyerap polutan, mencegah intrusi air laut, tempat berkembang biak aneka biota laut dan masih banyak manfaat lainnya." terangnya.

Siti Nurbaya tak memungkiri bahwa Sulut masih perlu ditanami mangrove. Apalagi status sebagai kawasan wisata, Sulut harus dapat mengembangkannya sebagai daya tarik.

Gubernur Olly sependapat dengan Menteri LHK. Ia menyebut setiap tahun selalu ada kegiatan penanaman mangrove.

"Sekarang kami mau minta izin sama Ibu Meteri untuk menjadikan Sulawesi Utara sebagai daerah wisata bahari mangrove," kata Olly dalam sambutannya.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved