Manado

Pengamat Politik Sulut, News Analisis Alfons Kimbal: Olly 'Strongman' PDIP

Dalam jejaring politik yang sama pula, Jokowi dan Olly memiliki basis ideologi dan watak perjuangan yang sama, meski style kepemimpinan mereka berbeda

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Gryfid Talumedun
Ryo Noor/Tribun Manado
News Analisis Alfons Kimbal, Pengamat Politik Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Susunan Kabinet Kerja Jilid II Jokowi jadi komuditas yang diperebutkan saat ini jelang pelantikan Jokowi-Ma'aruf.

Tokoh-tokoh kalangan parpol, profesional, milenial muncul ke permukaan.

Nama gubernur Sulut Olly Dondokambey pun satu di antaranya.

Siapa saja yang nanti berhasil masuk kabinet?

Saat ini dalam pandangan saya, Olly adalah satu-satunya Gubernur di Indonesia yang punya privilege politik untuk ikut “menentukan” kebijakan Jokowi karena Olly merupakan salah satu “strongman” di Internal DPP PDIP.

Keberadaan Olly dalam satu jaringan yang sama dengan Jokowi dan Olly sebagai “Strongman” di DPP PDIP inilah yang membuat Sulawesi Utara dalam masa kepemimpinan Olly menikmati pembangunan yang masif.

Dalam jejaring politik yang sama pula, Jokowi dan Olly memiliki basis ideologi dan watak perjuangan yang sama, meski style kepemimpinan mereka berbeda.

Baca: Olly Punya Watak seperti Jokowi: Kata Pengamat soal Peluang Putra Sulut Masuk Kabinet

FOLLOW FACEBOOK TRIBUN MAANDO

Kolaborasi dua aktor pemimpin dalam proses politik kebijakan semacam ini menjadi barang mewah dan langka dalam hubungan pusat-daerah.

Leadership tidak sekedar dibentuk oleh elemen tunggal pengetahuan, melainakan juga memori-memori mentalitas dan otot yang gesit dan kuat, fokus dan berani berjuang.

Sebagai sesama pemimpin politik dari “Genus Politik “ yang sama di PDIP, watak dan karakter Jokowi dan Olly dalam derajat tertentu mencerminkan pola yang sama, yaitu bahwa esensi kekuasaan politik adalah alat moral untuk kebaikan banyak orang.

Kesamaan-kesamaan ideologi, jejaring dan kualitas kepemimpinan yang telah dibuktikan keduanya, memungkinkan terjalin kolaborasi yang lebih tinggi di antara keduanya.

Baca: Klasemen & Jadwal Liga 2 Indonesia 2019 Pekan 5: Sriwijaya FC vs Persita & Persiba vs Persatu Tuban

Kolaborasi paling mungkin adalah masuknya Olly dalam jajaran kabinet Indonesia Kerja jilid II.

Dari aspek leadership, Olly telah menunjukan kapasitasnya membangun birokrasi yang responsive dan akuntabel di Sulawesi Utara.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved