Berita Nasional

Bangsa Indonesia Harus Banyak Belajar Dari Paduan Suara

“Sepertinya bangsa Indonesia harus banyak menyanyi... yang kita dengar belakangan ini bukan menyanyi tetap teriakan dan suara kebencian.

Bangsa Indonesia Harus Banyak Belajar Dari Paduan Suara - paduan-suara-mahasiswa-universitas-mercu-buana-psm-umb.jpg
istimewa
Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana (PSM UMB) pada Selasa (09/07/2019) terkait dengan kemenangan Paduan Suara UMB dalam kompetisi 56 Internationaler Chorwettbewerb 2019 di Spital An Der Draw, Austria.
Bangsa Indonesia Harus Banyak Belajar Dari Paduan Suara - paduan-suara-mahasiswa-universitas-mercu-buana-psm-umb-di-spital-an-der-draw-austria.jpg
istimewa
Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana (PSM UMB) pada Selasa (09/07/2019) terkait dengan kemenangan Paduan Suara UMB dalam kompetisi 56 Internationaler Chorwettbewerb 2019 di Spital An Der Draw, Austria.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bangsa Indonesia harus banyak belajar dari paduan suara sebagai salah satu upaya menumbuhkan toleransi dan kebhinnekaan.

Dalam paduan suara tidak ada suara yang mendominasi, tidak ada ego, belajar patuh, saling menyesuaikan gerak bersama dan menghasilkan suara yang satu, padu dan tidak sumbang.

Suara yang indah, kompak dan memiliki power terwujud karena latihan tanpa jemu dan yang terpenting tunduk pada satu dirigen (konduktor).

Demikian ditegaskan oleh Alumnus Lemhannas PPSA XXI Arissetyanto Nugroho, pembina Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana (PSM UMB) pada Selasa (09/07/2019) terkait dengan kemenangan Paduan Suara UMB dalam kompetisi 56 Internationaler Chorwettbewerb 2019 di Spital An Der Draw, Austria.

Dalam kompetisi yang berlangsung dari tanggal 4-8 Juli 2019 ini, PSUMB dikonduktori Agus Juwono.

PSM UMB meraih Juara Kedua Kategori B dan Juara Keempat Kategori A.

Ajang bergengsi Grand Prix bergengsi tahunan ini hanya 10 negara terpilih diantaranya Amerika Serikat, Afsel, Rep Slowakia, Rep Czech, Spanyol dan Jerman.

Paduan suara, menurut Arissetyanto Nugroho, sangat cocok sebagai wadah anak bangsa untuk penanaman kembali nilai-nilai Pancasila.

Baca: Ramalan Zodiak Besok Rabu 10 Juli 2019: Sagitarius Keluarkan Tenaga Ekstra, Cancer Coba Berbisnis

FOLLOW FACEBOOK TRIBUN MANADO

Paduan suara tidak hanya sekedar menyalurkan bakat oleh vokalnya, tetapi justru sekaligus sebagai sarana yang tepat untuk berinteraksi antara anggotanya dengan berbagai latar belakang, baik suku, agama, ras, strata sosial dll.

Halaman
1234
Penulis: Reporter Online
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved