Tiket Pesawat Diskon 50 Persen: Ini Hari dan Jamnya

Pemerintah bersama para stakeholder industri penerbangan sepakat untuk menurunkan tarif tiket penerbangan maskapai berbiaya

Tiket Pesawat Diskon 50 Persen: Ini Hari dan Jamnya
net
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah bersama para stakeholder industri penerbangan sepakat untuk menurunkan tarif tiket penerbangan maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) untuk rute domestik di jadwal-jadwal tertentu. Diskon tarif ini berlaku untuk jadwal keberangkatan setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00.

Keputusan penurunan tarif tiket pesawat berbiaya murah ini diatur khusus untuk maskapai Lion Air dan Citilink. Tarif tiket LCC turun sebanyak 50 persen dari tarif batas atas (TBA) untuk 11.626 kursi.

Baca: Keuntungan E-Voting yang Bakal Dipakai di Pilkada 2020

"Konkretnya berapa flight, kalau kita lihat jadwal tertentu tadi, maskapai Citilink itu total per hari adalah 62 flight per hari, total kursinya adalah 3.348 seat. Untuk Lion Air Group, akan ada 146 flight per hari, seat total 8.278 seat," kata Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono saat konferensi pers di kantornya, Senin (8/7).

Selain itu, guna meringankan biaya operasional maskapai, para stakeholder penerbangan, antara lain Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, AirNav hingga Pertamina ,sepakat memberi diskon untuk penerbangan-penerbangan di jadwal yang sama.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan akan melakukan pengawasan terhadap kebijakan tersebut. Ia menambahkan untuk rute dan jadwal penerbangan akan terus disesuaikan dan dievaluasi.

Baca: Bupati Bolsel Perintahkan Camat Tenangkan Warga Usai Gempa

"Kami akan melakukan pengawasan terhadap kebijakan itu tadi penyediaan penerbangan murah, untuk Selasa, Kamis, Sabtu, untuk LCC domestik tipe pesawat jet, bersama dengan Kementerian BUMN dan dikoordinasi oleh Kemenko Perekonomian," pungkasnya.

Kebijakan ini akan diterapkan mulai 11 Juli 2019 mendatang. "Kebijakan ini akan berlaku efektif mulai Kamis, 11 Juli 2019, karena penyesuaian sistem membutuhkan waktu dua hari," ujar Susiwijono.

CEO Lion Air Rudy Lumingkewas mengatakan diskon 50 persen itu tersedia untuk sejumlah 146 flight per hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan total kursi sebanyak 8.278.

"Kami mendukung upaya pemerintah turunkan harga tiket ini. Ada 146 flight disediakan setiap Selasa, Kamis, Sabtu pukul 10.00-14.00," kata Rudy usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (8/7).

Senada dengan Rudi, Direktur Keuangan Citilink Ester Siahaan mengatakan pihaknya mendukung kebijakan tersebut. Citilink menerapkan diskon untuk 62 flight per hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan total kursi saat ini sebanyak 3.348 seat.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved