News Analisis

Pengamat Robert Winerungan: KEK Bitung Bakal Bikin Ekonomi Sulut Melesat

Kawasan Ekonomi Khusus Bitung adalah sebuah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terletak di Kecamatan Matuari, Bitung, Sulawesi Utara

Pengamat Robert Winerungan: KEK Bitung Bakal Bikin Ekonomi Sulut Melesat
istimewa
robert winerungan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ekonomi dari Universitas Negeri Manado (Unima), Dr Robert Winerungan mengatakan,  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada dasarnya merupakan kawasan yang meyediakan dan menyelenggarakan fungsi perekonomian secara terpadu yang berada dalam daerah atau wilayah.

Kawasan Ekonomi Khusus Bitung adalah sebuah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terletak di Kecamatan Matuari, Bitung, Sulawesi Utara

"KEK ini nantinya terdiri dari tiga zona, yaitu zona industri, zona logistik dan zona pengolahan ekspor," ujar Winerungan kepada Tribun Manado, Kamis (02/07/2019) sore.

KEK Bitung yang sudah ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2014 memiliki sasaran penerapan KEK adalah untuk meningkatkan investasi asing dengan menyediakan berbagai insentif berupa: insentif perpajakan, insentif kepabeanan (pembebasan, pengurangan tarif, atau penyederhanaan prosedur cukai atau bea masuk), insentif penanaman modal (menyederhanakan syarat dan prosedur).

"Kawasan Ekonomi Khusus sasarannya adalah untuk meningkatkan perekonomian di suatu daerah karena banyak menarik investor asing dan domestik," jelas pengamat ekonomi ini.

Lanjut dia, KEK Bitung ini memiliki keunggulan geografis, karena letak yang sangat dekat dengan Pasifik dan negara-negara di sekitarnya

Posisinya sangat strategis menjadi  pintu gerbang ekonomi ke negara-negara di Asia Pasifik serta merupakan jalur perdagangan dunia.

Selain itu KEK Bitung dekat dengan sumber sumber daya alam yang ada di sekitar Bitung yang ada di Sulawesi utara, dan sumber alam ini merupakan daya tarik tersendiri.

"KEK ini dibentuk untuk membuat lingkungan kondusif bagi akitivitas investasi, ekspor, dan perdagangan guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi," tambah dia.

Dengan adanya KEK Bitung, tenaga kerja lokal akan makin banyak yang terserap karena banyak industri yang akan didirikan di sana.

Lalu, bahan baku yang berasal dari hasil perkebunan dan perikanan milik masyarakat akan masuk di industri yang ada di kawasan KEK tersebut.

KEK yang merupakan suatu kawasan yang saling mendukung akan menghasilkan hasil industri yang murah dan berkualitas untuk menghasilkan kinerja eksport.

"Dengan adanya KEK Bitung putaran roda  perekonomian Sulawesi Utara akan makin berkembang serta Bitung dan sekitarnya akan makin hidup dan maju," kata Robert.

Ia berahrap Semoga KEK Bitung akan segera beroperasi demi Sulawesi Utara yang makin hebat.

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved